Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store

Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store

Banyak aplikasi diluncurkan melalui Play Store dengan berbagai fungsi. Nah, kita perlu hati jika ada aplikasi merugikan, jika perlu segera melaporkan aplikasi palsu yang ada di Google Play

Play Store sendiri merupakan aplikasi buatan google sebagaimana perusahaan dari Android itu sendiri. Berbicara tentang play store sudah pasti berkaitan dengan aplikasi aplikasi atau game yang banyak jumlahnya.

Terlepas dari banyaknya aplikasi yang ada di play store, ternyata ada aplikasi yang merusak sistem, atau aplikasi abal abal dan pishing bahkan aplikasi enggak berguna yang isinya enggak jelas cuma dimanfaatkan kita untuk iklannya yang ada di aplikasi abal abal tersebut, dan mereka mendapatkan untungnya.

Pastinya sebal bukan kalau udah capek capek download aplikasi habis pulsa atau paket, eh pas dibuka ujung ujungnya php. Tentu saja ini sangat menyakitkan dan gak boleh dibiarkan memakan korban lagi.

Terkait dengan fenomena yang sudah disebutkan tadi, tentu kita ingin aplikasi abal abal tersebut yang tidak jelas, maunya cuma cari untung dari kepolosan kita mesti dibersihkan oleh play store. Tentu itu adalah harapan kita semua, agar tidak ada lagi yang merugikan kita.

Google sendiri sudah meningkatkan sistem keamanan terbaru mereka yaitu play protect untuk memverifikasi sebuah aplikasi yang ada di play store, namu masih saja ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang orang tertentu untuk mengelabui sistem keamanan ini.

Nah, kita sebagai konsumen, tidak ingin dirugikan lagi. Tentunya kita punya andil untuk memberantas aplikasi aplikasi palsu yang ada di play store.

Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store dengan Mudah

Google sendiri sudah menyediakan feedback di setiap aplikasi untuk melaporkan aplikasi apakah palsu atau melanggar kebijakan goole, sehingga pihak google akan menghapus aplikasi tersebut dari sistem mereka.

Baca Juga :   Cara Menjalankan Program Java Melalui CMD

Nah berikut ini cara untuk melaporkan aplikasi palsu yang ada di Play Store.

1. Buka aplikasi Play Store, aplikasi play store ini sudah terinstal di HP android dari bawaanya karena memang aplikasi fital di HP android

2. Cari aplikasi yang menurut kamu benar benar palsu, abal abal, pishing dan merugikan kamu. Banyak iklan di aplikasi bukanlah alasan tepat untuk melaporkan sebuah aplikasi.

3. Setelah anda menemukan aplikasi yang anda rasa merugikan, maka scroll sapai kebawah sampai paling ujung aplikasi play store.

4. Klik menu paling bawah yang bertulisan “Tanda sebagai tidak pantas”, agar lebih jelas anda bisa melihat gambar berikut.

5. Maka akan muncul banyak pilihan, silahkan pilih kira kira apa alasan yang mewakili aplikasi tersebut akan anda laporkan. Singkatnya, pilih apa alasan anad melaporkan aplikasi tersebut, lalu klik tombol kirim.

6. Maka akan muncul kotak dialog, di kota tersebut tuliskan kerugian apa saja yang anda dapatkan diaplikasi tersebut, anda bisa menjelaskan apa saja kesalahan pada aplikasi tersebut sehingga anda melaporkannya. Setelah selesai klik tombol Ok.

7. Tunggu sebentar, jika laporan terkirim amak akan muncul pesan “Laporan terkirim”, seamat anda sudah berhasil melaporkan aplikasi yang anad rasa merugikan atau tidak pantas.

Setelah anda melaporkan sebuah aplikasi, maka pihak google akan mencoba meninjau lapran anda dan meninjau aplikasi yang anda laporkan.

Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store

Dengan melaporkan aplikasi palsu, Anda turut berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna Play Store lainnya. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Identifikasi aplikasi palsu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi aplikasi yang dicurigai sebagai aplikasi palsu.

Baca Juga :   Cara Membuat Efek Foto Bergerak

Beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan adalah:

  1. Aplikasi memiliki rating rendah dan ulasan negatif
  2. Peringkat aplikasi tidak sebanding dengan jumlah unduhan
  3. Penyedia aplikasi tidak dikenal atau tidak terpercaya
  4. Aplikasi meminta izin akses yang tidak relevan dengan fungsinya

Jika Anda menemukan aplikasi dengan tanda-tanda di atas, kemungkinan besar itu adalah aplikasi palsu.

2. Laporkan aplikasi palsu

Setelah mengidentifikasi aplikasi palsu, langkah selanjutnya adalah melaporkannya ke Google Play Store.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android.
  2. Cari aplikasi yang ingin dilaporkan.
  3. Setelah menemukan aplikasi tersebut, gulir ke bawah hingga melihat opsi “Laporkan sebagai tidak pantas”.
  4. Tekan opsi tersebut dan pilih “Melaporkan aplikasi ini”.
  5. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk melengkapi laporan.

Anda juga dapat melaporkan aplikasi palsu melalui situs web Google Play Store. Caranya cukup mudah:

  1. Buka situs web Google Play Store di peramban web.
  2. Cari aplikasi yang ingin dilaporkan.
  3. Setelah menemukan aplikasi tersebut, gulir ke bawah hingga melihat opsi “Laporkan penyalahgunaan”.
  4. Tekan opsi tersebut dan pilih “Melaporkan aplikasi ini”.
  5. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk melengkapi laporan Anda.

3. Berikan informasi yang jelas dan lengkap

Agar laporan dapat diproses dengan baik, pastikan memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang aplikasi palsu yang ingin Anda laporkan.

Beberapa informasi yang dapat disertakan adalah:

  1. Nama aplikasi
  2. Nama pengembang aplikasi
  3. Deskripsi singkat tentang mengapa Anda menganggap aplikasi tersebut palsu atau mencurigakan
  4. Tangkapan layar yang menunjukkan tanda-tanda kecurigaan

Dengan memberikan informasi yang jelas dan lengkap, Google akan lebih mudah dalam memverifikasi laporan Anda dan mengambil tindakan yang diperlukan.

4. Tunggu tanggapan dari Google

Setelah melaporkan aplikasi palsu, Anda perlu bersabar menunggu tanggapan dari Google. Google akan melakukan penyelidikan terhadap laporan dan mengambil tindakan yang sesuai.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan USB Debugging Semua HP Android

Jika laporan terbukti benar, Google akan menghapus aplikasi palsu tersebut dari Google Play Store.

Anda juga harus tau, aplikasi yang anad laporkan belum tentu dihapus oleh google, karena mungkin bagi mereka itu masih wajar.

Jika aplikasi tersebut memang terbukti melanggar setelah di tinjau oleh pihak google, maka aplikasi tersebut akan dihapus dari market play store.

Cukup sekian artikel kita kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kita semua, dan jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu agar teman teman kamu yang lain tau informasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *