Cara Membuat Makalah Cara Membuat Makalah

Download Makalah + Cara Membuat Makalah yang Tepat, Anti Ribet!

Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan semakin meningkat pesat sehingga pelajar maupun mahasiswa perlu menguasai tips download + cara membuat makalah. Sehingga tugas yang diberikan oleh pengajar bisa dikerjakan dengan mudah dan tepat.

Apalagi hambatan yang seringkali dialami oleh pelajar dalam membuat makalah yaitu kesulitan dalam mendapatkan sumber referensi yang sesuai kebutuhan. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa metode mudah download makalah gratis di berbagai situs terpercaya.

Beberapa situs di internet bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Biasanya jenis situs yang satu ini menampung banyak makalah atau artikel dengan tema pendidikan. Sehingga Anda bisa menggunakan makalah yang ada untuk landasan teori dalam pengerjaan tugas makalah atau bahkan skripsi.

Cara Download Makalah sebagai Sumber Referensi Terpercaya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk download makalah yang dibutuhkan sebagai landasan teori. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui cara download makalah dengan tepat untuk menjadikannya sebagai sumber referensi terpercaya.

1. Cara Download Makalah di Perpusnas

Perpusnas merupakan kependekan dari perpustakaan nasional yang menjadi salah satu situs yang menyediakan jurnal ilmiah terpercaya. Selain itu, semua jurnal ilmiah yang tersedia memiliki akses gratis untuk semua orang.

Cara perlu dilakukan juga sangat mudah, cukup dengan mengakses situs resmi perpusnas di halaman e-resources.perpusnas.go.id. Setelah selesai mengakses halaman tersebut, Anda bisa melakukan registrasi sesuai dengan keterangan yang ada pada website.

Baca Juga :   Cara Membuat Augmented Reality (Unity + Vuforia 100% Berhasil)

Setelah proses registrasi selesai, Anda bisa memulai pencarian jurnal ilmiah yang sesuai dengan topik yang diinginkan pada mesin pencarian yang tersedia. Jurnal ilmiah yang ada di perpusnas berjumlah ribuan dan diterbitkan oleh universitas terbaik dan lembaga penelitian.

Setelah menemukan jurnal ilmiah yang sesuai keinginan, Anda bisa membuka jurnal tersebut dan pilih menu pengunduhan file. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai dan file jurnal yang diinginkan tersimpan di perangkat Anda.

2. Cara Download Makalah di Google Scholar

Google scholar merupakan situs resmi yang memiliki fasilitas berupa jurnal ilmiah gratis. Sehingga sebagian besar pelajar dan mahasiswa mengakses situs resmi yang satu ini untuk mendapatkan referensi sesuai kebutuhan dan keinginan.

Anda bisa mengakses laman google scholar secara gratis di halaman website scholar.google.com. Setelah itu, tampilan situs akan berubah menyerupai tampilan menu google pada umumnya yang dilengkapi dengan mesin pencarian internet.

Setelah muncul tampilan tersebut, Anda tidak perlu melakukan registrasi untuk melakukan pencarian jurnal ilmiah yang diinginkan. Sehingga Anda bisa langsung melakukan pencarian di kolom pencarian dengan kata kunci tertentu.

Setelah itu, pilihlah salah satu jurnal ilmiah yang bisa dimanfaatkan untuk referensi Anda. Kemudian, klik ikon yang ada pada jurnal tersebut untuk melakukan pengunduhan agar jurnal tersebut bisa diakses kapanpun sesuai keinginan.

3. Cara Download Makalah di DOAJ

Selain dua situs di atas, Anda juga bisa dengan mudah menemukan makalah yang dibutuhkan dengan mengakses DOAJ. DOAJ merupakan kependekan dari Directory of Open Access Journals yang menyediakan jurnal ilmiah dengan akses pengunduhan yang gratis.

Laman resmi DOAJ yang bisa Anda akses yaitu melalui alamat website doaj.org. Jurnal ilmiah yang tersedia di DOAJ berjumlah ribuan dan berasal dari berbagai negara. Sehingga cocok diakses oleh Anda yang membutuhkan jurnal ilmiah berbahasa Inggris maupun bahasa lainnya.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Paket Internet Murah Telkomsel

Referensi yang berasal dari lembaga penelitian dan universitas luar negeri bisa menjadi perbandingan yang sangat menarik untuk makalah yang Anda buat. Sehingga makalah tersebut bisa lebih kaya akan landasan teori dan menemukan hal baru dengan mudah.

4. Cara Download Makalah di Academia

Terakhir, Anda juga perlu mengetahui cara mengunduh makalah dengan gratis melalui situs Academia. Academia merupakan situs yang berisi dokumen untuk akademis yang diluncurkan pertama kali pada September 2008.

Material jurnal ilmiah yang tersedia juga tersedia dalam berbagai topik. Sehingga setiap orang yang mengaksesnya bisa dengan mudah menemukan jurnal ilmiah yang sesuai kebutuhan.

Laman website Academia yang bisa Anda akses yaitu di halaman website Academia.edu. Selain pelajar dan mahasiswa, Academia juga diperuntukkan bagi peneliti, ilmuwan dan akademisi. Oleh karena itu, selain bisa digunakan untuk download jurnal ilmiah, Anda juga bisa mengunggah maupun menyimpan file di Academia.

Namun sebelum mengunduh suatu jurnal ilmiah, Anda perlu memastikan jika penelitian tersebut memiliki penemuan yang bagus dan sesuai dengan standar penelitian yang ada. Karena jurnal ilmiah yang ada di Academia tidak memiliki kepastian verifikasi dan juga standar ilmiah yang pasti.

Cara download file Academia gratis tanpa berlangganan bisa dilakukan dengan menggunakan website lain seperti website Downloader.com. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyalin URL dokumen Academia yang diinginkan kemudian menempelkan URL tersebut di kolom yang tersedia.

Setelah selesai menempelkan URL jurnal Academia yang akan diunduh di Downloader.com, Anda bisa melanjutkannya dengan memilih klik bagian Get Link. Tunggu beberapa saat hingga muncul dokumen yang diinginkan dan klik saya bukan robot saat muncul pop up captcha.

Baca Juga :   Cara Menyimpan Status WhatsApp Dengan Mudah

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk download jurnal ilmiah di Academia melalui Downloader.com yaitu memilih bagian download PDF. Sehingga pengunduhan pada jurnal ilmiah yang Anda inginkan akan diproses secara otomatis.

Cara Membuat Makalah dengan Tepat

Setelah mengetahui cara download jurnal ilmiah untuk landasan teori dan sumber referensi, Anda juga perlu memahami cara membuat makalah dengan tepat. Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuat makalah dengan baik dan benar.

1. Membuat Judul dari Tema yang Ada

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat makalah yaitu dengan membuat judul dari tema yang telah diberikan oleh pengajar. Tips yang bisa dipraktekkan dalam pembuatan judul makalah yaitu memastikan jika judul yang dibuat dapat menarik perhatian pembaca.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan jika judul yang dipilih cukup spesifik dengan suatu topik dan cukup jelas. Sehingga judul tersebut cukup untuk mewakili pokok pembahasan dalam makalah.

2. Melakukan Penulisan secara Sistematis dengan Landasan yang Jelas

Selanjutnya, Anda juga bisa melanjutkannya dengan penulisan makalah yang dilakukan secara sistematis dengan landasan teori atau sumber referensi yang jelas. Penulisan yang dilakukan secara sistematis akan membuat pembahasan dalam makalah tidak melenceng pada hal-hal yang tidak penting.

3. Melakukan Penyuntingan Makalah

Terakhir, Anda perlu melakukan penyuntingan setelah penulisan makalah selesai. Penyuntingan makalah sangat penting dilakukan untuk memastikan jika makalah yang dibuat sesuai dengan struktur makalah yang seharusnya dan terhindar dari kesalahan penulisan.

Download Contoh Makalah

Berikut ini contoh makalah yang bisa anda download

Bagaimana, mudah bukan cara untuk mengunduh maupun membuat makalah yang baik dan benar? Demikian ulasan mengenai tips download + cara membuat makalah, semoga bermanfaat.