Cara mengatasi Mobile Legends lag atau patah-patah – Assalamualikum teman teman, selamat datang di situs yang sederhana ini. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi lag patah patah di Monile Legends.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya mengalami lag yang parah saat bermain ML, paling tidak ada sekitar dua kali lagg, dan bukan di karenakan jaringan buruk, tetapi karena sistem di game ML sendiri dan sistem HP yang kita miliki.

Penyebab Mobile legends Lag

Adapun kemungkinan penyebab laggnya permainan Mobile legends karena disebabkan oleh hal hal berikut ini.

  1. Jaringan Lemah
    Jaringan adalah hal yang paling krusial pada semua game online terutama Multiplayer, karena imbasnya bukan hanya saja kepada kita, tetapi juga kepada orang lain. Laggnya sebiah game online disebabkan karena lemahnya kekuatan sinyal yang dterima oleh Hp kita
  2. RAM Penuh
    RAM adalh memory untuk menyimpan segala proses yang sedang berlangsung. Jika RAM penuh maka sebuah aplikasi bisa saja berhenti atau tidak merspon sama sekali, bahkan bisa force close atau keluar sendiri.
  3. Kesalahan pada sistem/Bug
    Salah satu penyebab laggnya bermain game karena sistem yang crash, atau bug yang menggangu berjalannya sebuah game.
  4. Memory Penuh
    Memory berfungsi untuk menyimpan data data sebuah aplikasi. Ketika kita bermain game seperti ML, maka data data yang ada di game seperti data reply dll tersimpan di memory penyimpanan HP, jika ini penuh maka menyebabkan sebuah sistem tidak berfungsi semestinya.
Baca Juga :   Cara Memblokir Akun Facebook Teman atau Orang Lain

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya lag, maka dibawah ini saya akan mengasih beberapa trik untuk mengatasi lagg di Mobile Legends.

1. Pengaturan Grafik

Alangkah baiknya kita atur pengaturan grafik semua ke grafik Low atau rendah, ini akan membantu untuk menghilangkan lagg saat sedah bermain game ML.

Beberapa perangkat dan chip HP lambat atau tidak memiliki kemampuan mengolah grafik yang tinggi. DEngan grafik yang diturunkan, maka kinerja prosesor akan lega dan membantu pengalaman bermain game kamu.

Cara menurunkan grafik Mobile Legends

  1. Pergi ke pengaturan disudut kanan atas yang berbentuk gerigi
  2. Pada bagian refresh rate, pilih low (rendah)
  3. Pada bagian grafik pilih rendah (low) atau sedang (medium)
  4. Kamu bisa melakukan kombinasi antara refresh rate tinggi + grafik rendah atau refresh rate rendah + grafik sedang
  1. Jangan Gandakan atau Double aplikasi Mobile Legends.

2. Tutup aplikasi lain

Sebaiknya tutup aplikasi lain yang tidak anda gunakan, ini bermanfaat untuk mengsongkan RAM yang ada pada HP anda sehingga memperlancar jalannya permainan.

Gunakan juga pembersih bawaan HP untuk membersihkan sampah dan melegakan RAM dan memori HP kamu, sehingga beban HP saat bermain lebih berkurang.

Adapun tipsnya adalah:

  1. Bersihkan kuki dan dan sampah dengan pembersih bawaan secara berkala
  2. Tutup semua aplikasi lain selain game yang ingin dimainkan
  3. Bermain game dengan waktu yang cukup agar HP tidak panas dan crash

3. Gunakan jaringan yang stabil

Pastikan ketika ingin bermain game dalam keadaan jaringan stabil. Jaringan akan gangguan pada kondisi kondisi tertentu seperti hujan deras, angin kencang dan badai petir.

Pastikan juga tidak ada pemadaman listrik, karena akan menyebabkan jaringan ikut padam atau tidak stabil.

Baca Juga :   Cara Membuat Animasi Dari Photoshop

Pastikan juga rumah atau tempat anda memiliki jangkauan jaringan yang bagus.

Di pengaturan game mobile legends, gunakan fitur jaringan speed mode. Alangkah baiknya jika bermain dengan jaringan wi-fi yang lancar. Bisa juga mengaktifkan pengaturan peningkatan jaringan di mobile legends.

Tisp mengatasi Mobile legends lag dengan pengaturan jaringan

  1. Pastikan ping jaringan baik
  2. Pergi ke pengaturan mobile legends
  3. Di pengaturan, pilih bagian jaringan
  4. Aktifkan speed mode
  5. Jika anda punya wifi tetapi tidak terlalu bagus, anda bisa mengaktifkan peningkatan jaringan dengan mengaktifkan data dan wi-fi, sehingga Mobile legens akan menggunakan wi-fi dan data secara bersama sama.
  6. Pastikan memiliki paket data dan paket data yang sesuai seperti paket Game dari Telkomsel atau paket lainnya yang bisa anda lihat di My Telkomsel (untuk pengguna telkomsel)

4. Aktifkan Game Booster

Pada umumnya game booster menjadi aplikasi bawaan pada HP. Anda bisa mengaktifkannya sehingga setiap kali membuka game, game booster secara otomatis meningkatkan performa.

Game booster menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi mobile legends lag. Saya sarankan menggunakan game booster bawaan HP yang bisa anda aktifkan di pengaturan HP masing masing.

Demikianah trik untuk mengatasi mobile legends lag, atau macet saat bermain Mobile Legends, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua, dan jangan lupa share ke teman teman yang lain.