Mendapatkan Bitcoin Gratis Mendapatkan Bitcoin Gratis

Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Mudah

Bitcoin menjadi salah satu mata uang digital yang banyak dikenal dalam dunia kripto, dimana anda bisa mendapatkan bitcoin gratis maupun dengan sejumlah modal. Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak diatur oleh otoritas pusat manapun atau dikenal dengan istileh terdesentralisasi.

Bitcoin dibuat pada tahun 2009 oleh seseorang atau kelompok yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin menggunakan teknologi blockchain, yaitu sebuah sistem terdistribusi yang mencatat semua transaksi bitcoin dalam rantai blok yang terhubung satu sama lain.

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana mendapatkan bitcoin secara gratis tanpa modal. Anda hanya perlu niat dan seperangkat gadget pendukung seperti HP atau laptop, serta kuota internet tentunya.

Setiap blok berisi informasi tentang transaksi yang terjadi dalam periode waktu tertentu, dan ditambahkan ke rantai blok setelah diverifikasi oleh jaringan komputer yang disebut penambang.

Penambang adalah orang-orang atau organisasi yang menyediakan daya komputasi untuk mengamankan jaringan bitcoin dan mendapatkan imbalan dalam bentuk bitcoin baru yang diciptakan setiap kali blok baru ditambang

Cara mendapatkan Bitcoin gratis

Ada beberapa cara untuk mendapatkan bitcoin gratis tanpa harus membelinya dengan uang sungguhan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mendaftar ke bursa kripto dengan promo affiliasi

Bursa kripto adalah platform online yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menyimpan berbagai jenis mata uang kripto, termasuk bitcoin.

Beberapa bursa kripto menawarkan promo affiliasi, yaitu program yang memberikan imbalan kepada pengguna yang mereferensikan orang lain untuk mendaftar ke bursa tersebut.

Baca Juga :   Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Mudah

Imbalan bisa berupa potongan biaya transaksi, bonus deposit, atau bahkan bitcoin gratis. Contoh bursa kripto yang menawarkan promo affiliasi adalah Binance, Coinbase, dan Kraken.

Biasanya promosi ini punya syarat dan ketentuan yang berlaku dan terbilang ketat. Anda bisa membaca panduan mendaftar akun Binance disini.

2. Mengikuti giveaway bitcoin

Giveaway adalah acara yang diselenggarakan oleh individu atau organisasi yang memberikan hadiah kepada peserta yang memenuhi syarat tertentu.

Giveaway bisa berupa kontes, kuis, undian, atau tugas sederhana seperti mengikuti akun media sosial, menonton video, atau mengunduh aplikasi.

Hadiahnya bisa beragam, mulai dari barang fisik hingga mata uang kripto seperti bitcoin. Biasanya giveaway bitcoin diselenggarakan oleh influencer kripto, proyek kripto, atau media kripto.

3. Mengikuti program airdrop kripto

Airdrop adalah distribusi gratis mata uang kripto kepada pengguna yang memenuhi kriteria tertentu. Biasanya, airdrop dilakukan oleh proyek kripto baru yang ingin meningkatkan kesadaran dan adopsi mata uang mereka di kalangan komunitas kripto.

Untuk mengikuti airdrop, pengguna biasanya harus mendaftar ke situs web proyek tersebut, memberikan informasi pribadi seperti alamat email dan dompet kripto, serta melakukan beberapa tugas seperti bergabung dengan grup telegram, mengikuti akun twitter, atau membagikan postingan media sosial.

Langkah pertama untuk mengikuti airdrop adalah, bergabung ke grup komunitas kripto yang membagikan informasi airdrop.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali grup Facebook dan Telegram yang membahas tentang airdrop. Salah satunya yang terkenal adalah grup Telegram Airdrop Finder.

4. Melakukan uji coba atau testing proyek kripto

Testing adalah proses menguji fungsi dan performa proyek kripto sebelum diluncurkan ke publik. Testing bisa dilakukan oleh tim pengembang sendiri atau oleh pengguna eksternal yang disebut tester.

Baca Juga :   Pengertian Broker adalah: Fungsi, Jenis-jenis dan Contoh Broker

Tester biasanya diberikan akses ke versi beta atau alpha proyek tersebut, dan diminta untuk memberikan umpan balik tentang fitur, bug, atau masalah yang ditemukan selama testing.

Sebagai imbalannya, tester bisa mendapatkan imbalan dalam bentuk mata uang kripto proyek tersebut atau bitcoin.

Contoh proyek kripto yang memberikan imbalan kepada tester adalah Brave Browser, Lightning Network, dan Decentraland.

5. Bug bounty pada proyek kripto

Bug bounty adalah program yang menawarkan imbalan kepada orang-orang yang menemukan dan melaporkan celah keamanan atau kerentanan pada proyek kripto.

Bug bounty bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kualitas proyek kripto dengan memanfaatkan keahlian dan motivasi komunitas kripto.

Imbalan yang ditawarkan bisa berupa uang tunai, barang, atau mata uang kripto seperti bitcoin.

Contoh proyek kripto yang menyelenggarakan bug bounty adalah Ethereum, Bitcoin, dan Binance.

6. Retroaktif di ekosistem kripto

Retroaktif adalah konsep yang mengakui dan memberi penghargaan kepada orang-orang yang telah berkontribusi pada perkembangan ekosistem kripto di masa lalu, tanpa mengharapkan imbalan di awal.

Retroaktif bisa dilakukan oleh proyek kripto baru yang ingin menarik pengguna lama, atau oleh proyek kripto lama yang ingin memberi apresiasi kepada pengguna setia mereka.

Retroaktif bisa berupa pemberian token, NFT, atau bitcoin gratis kepada orang-orang yang telah menggunakan, mendukung, atau berpartisipasi dalam proyek kripto tertentu sebelum tanggal tertentu.

Contoh retroaktif di ekosistem kripto adalah yang dilakukan oleh 1inch, ENS, dan Gitcoin, serta baru baru ini Arbitrum dan Optimism.

Beberapa rumor tentang retroaktif yang sedang aktif dan kemungkinan ada imbalan dimasa depan diantaranya adalak Ekosistem ZkSync, Starknet, Argent wallet. Stargate Finance dll

Menukarkan Bitcoin menjadi uang

Setelah mendapatkan bitcoin gratis, Anda mungkin ingin menukarkannya menjadi uang sungguhan untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga :   Cara Daftar Akun Binance Untuk Trading Bitcoin

Ada beberapa cara untuk melakukannya, antara lain:

1. Menjual bitcoin di bursa kripto

Cara paling umum untuk menukarkan bitcoin menjadi uang adalah dengan menjualnya di bursa kripto.

Anda hanya perlu mendaftar ke bursa kripto yang mendukung mata uang lokal, mentransfer bitcoin ke dompet bursa tersebut, dan menjualnya dengan harga pasar atau limit yang diinginkan.

Setelah itu, Anda bisa menarik uang hasil penjualan ke rekening bank atau metode pembayaran lainnya yang tersedia.

Beberapa bursa kripto yang mendukung penarikan bank Indonesia serta resmi terdaftar di kementrian perdagangan adalah Tokocrypto, Indodax, Pintu, Upbit dll.

2. Menjual bitcoin di platform peer-to-peer

Cara lain untuk menukarkan bitcoin menjadi uang adalah dengan menjualnya di platform peer-to-peer (P2P), yaitu platform yang mempertemukan penjual dan pembeli bitcoin secara langsung tanpa perantara.

Platform P2P biasanya menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, PayPal, hingga uang tunai.

Anda bisa memilih pembeli yang menawarkan harga dan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi, dan melakukan transaksi dengan menggunakan sistem escrow yang disediakan oleh platform tersebut untuk menghindari penipuan. P2P ini bisa tersedia di bursa kripto internasional serta grup grup komunitas kripto.

Kesimpulan

Bitcoin adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat transaksi-transaksinya.

Bitcoin bisa didapatkan secara gratis dengan berbagai cara, seperti mendaftar ke bursa kripto dengan promo affiliasi, mengikuti giveaway bitcoin, mengikuti program airdrop kripto, melakukan testing proyek kripto, bug bounty pada proyek kripto, atau retroaktif di ekosistem kripto.

Bitcoin juga bisa ditukarkan menjadi uang sungguhan dengan menjualnya di bursa kripto, platform P2P, atau mesin ATM kripto.

Namun, perlu diingat bahwa mendapatkan bitcoin gratis tidak selalu mudah dan aman. Anda harus selalu berhati-hati terhadap penipuan atau skema ponzi yang mengatasnamakan bitcoin atau kripto lainnya.

Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau dompet Anda kepada pihak yang tidak terpercaya. Jangan pernah menginvestasikan uang ke proyek-proyek yang menjanjikan keuntungan tinggi dalam waktu singkat tanpa risiko apapun. Selalu lakukan