Cara Menghasilkan Uang dari Internet Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Mudah

Saat ini banyak orang yang mencari cara menghasilkan uang dari internet dengan menjadi freelancer. Pasalnya ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan menjadi freelancer, seperti Anda tidak memiliki bos; jadi lebih merdeka, waktu kerja lebih fleksibel, bisa bekerja sesuai dengan passion dan nyaman bekerja di rumah. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia freelancer, Anda bisa memulainya dengan mudah.

Menjadi freelancer memang memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Di mana seorang freelancer atau pekerja lepas tidak memiliki pekerjaan yang tetap begitu pula dengan penghasilan, namun di satu sisi pekerjaannya cukup fleksibel dan Anda bebas menentukan seberapa besar penghasilan yang anda inginkan. Semakin keras Anda bekerja, maka semakin banyak hasil yang Anda dapatkan. Cara menjadi freelancer dan dapat penghasilan sendiri dimulai dengan mencari situs penyedia pekerja freelance.

Situs Freelancer Untuk Menghasilkan Uang dari Internet

Ada berbagai macam pekerjaan untuk freelancer mulai dari penulis, admin sosial media, designer, sales, relationship officer dan lainnya. Anda bisa memilih pekerjaan sesuai dengan minat atau passion Anda agar bekerja semakin menyenangkan. Untuk mulai melakukan cara menjadi freelancer dan dapat penghasilan sendiri, Anda bisa mencari pekerjaan di situs untuk freelancer berikut ini, yaitu

Projects.co.id

Untuk mendapatkan pekerjaan remote atau freelance, Anda bisa berkunjung ke situs projects.co.id. Pasalnya situs ini cukup terkenal di kalangan freelancer, karena ada berbagai macam pekerjaan freelance yang bisa anda ikuti mulai dari media sosial, programmer, jasa tulis-menulis hingga designer.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa eksis dan menunjukkan kemampuan di situs ini dengan menjual produk digital seperti desain aplikasi, template website, e-book dan lainnya. Untuk mulai jadi freelance Anda bisa langsung cek situs projects.co.id.

Up work

Situs untuk freelancer yang tak kalah menarik dan populer yaitu upwork. Untuk bisa melakukan cara menjadi freelancer dan dapat penghasilan sendiri, Anda bisa langsung check website upwork. Pasalnya situs ini sendiri sudah dijangkau dan dikenal lebih dari 12 juta pencari kerja dengan 3 juta client yang terdaftar.

Baca Juga :   Pengertian Broker adalah: Fungsi, Jenis-jenis dan Contoh Broker

Sama seperti situs lainnya, upwork juga menyediakan pekerjaan remote atau freelance yang menawarkan sistem pembayaran per jam atau per proyek. Sehingga Anda bisa lebih fleksibel untuk menentukan Project sesuai keinginan. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa cek langsung di websitenya.

Freelancer / Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia merupakan salah satu situs untuk freelancer yang cukup populer bahkan menjadi situs freelancer terbesar dan tertua di Indonesia. Di situs ini anda akan menemukan 1000 kategori pekerjaan dari berbagai Project, sehingga Anda bisa memilih dengan tepat sesuai bidang yang diinginkan.

Namun, untuk mendapatkan pekerjaan di situs ini Anda harus memiliki CV dan portofolio yang bagus untuk menghadapi persaingan yang ketat. Minimal Anda bisa mendapatkan 2-3 client pertama dengan feedback yang bagus. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan Project selanjutnya.

Freelancer Indonesia merupakan anak dari situs induk bernama freelancer yang dikhususkan untuk mencari pekerjaan freelance internasional.

Sribulancer

Cara mendapatkan kerja freelance dengan mudah dan praktis, Anda bisa langsung cek di Sribulancer. Pasalnya sribulancer merupakan salah satu situs yang menyediakan berbagai pekerjaan freelance. Bahkan situs ini juga memiliki fitur pembayaran dengan mata uang USD.

Mengingat pekerjaan freelance yang disediakan oleh Sribulancer bukan hanya dalam negeri, tetapi ada dari luar negeri. Tentu ini menjadi kesempatan Anda untuk Explorer kerja lebih luas dan mendapatkan tarif yang lebih tinggi

99design

99design merupakan situs yang memberikan informasi seputar pekerjaan freelance namun dikhususkan untuk para designer. Situs ini cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan desain dan fokus mencari pekerjaan di bidang ini.

99design mempunyai sistem yang cukup berbeda, dimana Anda ada bukan hanya mendapatkan Project desain secara langsung, tetapi juga dapat mengikuti kontes yang diselenggarakan oleh klien. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk menambah skill desain Anda dan menjalin relasi lebih luas.

Baca Juga :   Cara Daftar Akun Binance Untuk Trading Bitcoin

Fiverr

Fiverr merupakan salah satu situs freelancer yang bisa Anda buka untuk mendapatkan jutaan rupiah per proyeknya. Pasalnya Anda bisa dapatkan mulai dari $5 per gig. Pasalnya Fiver sendiri merupakan situs dari luar negeri yang juga diminati oleh freelancer di Indonesia.

Apabila proyek anda bagus dan diminati klien, maka mereka akan menawarkan jasa Anda. Pastikan Anda memberikan hasil proyek terbaik menarik minat klien.

Envato Studio

Selanjutnya terdapat situs freelancer dari envato studio. Situs ini ini dikhususkan untuk penjual atau penyedia produk serta layanan digital seperti template video, template design, script, website dan lain sebagainya. Anda bisa mulai mendaftarkan diri dan login di situs ini lalu rajin-rajinlah mengunggah produk/jasa serta contoh portofolio yang bagus agar yang tertarik menggunakan produk atau layanan Anda.

Tips Menjadi Freelancer dan Dapat Penghasilan Sendiri

Cara menjadi freelancer dan dapat penghasilan sendiri tidak cukup dengan mencari situs freelancer saja, tetapi ada strategi atau tips-tips yang harus Anda lakukan, apalagi jika Anda belum pernah terjun ke dunia freelance sebelumnya. Adapun berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi freelancer profesional dan mendapatkan penghasilan sendiri, yaitu:

Skill Kunci Menghasilkan Uang dari Internet

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa pekerjaan freelancer cukup banyak mulai dari penulis, editor, programmer, designer dan lainnya. Anda bisa tanyakan pada diri Anda sendiri, bidang apa yang Anda sukai dan sesuai dengan passion.

Selain bekerja jadi lebih mudah dan menyenangkan, bekerja sesuai dengan passion atau bidang yang diminati juga membuat hasilnya lebih maksimal. Perlu diketahui, membatasi keahlian pada segmen tertentu membuat Anda jadi profesional dan mudah membangun personal branding sebagai orang yang ekspert.

Ketika menjadi seseorang yang expert, maka klien juga akan puas dengan hasil pekerjaan Anda sehingga tarif jasa freelance yang Anda dapatkan jadi lebih tinggi. Bahkan Anda bisa mendapatkan tawaran job yang lebih banyak dan bersaing dengan yang lainnya.

Promosikan Keahlian Anda

Cara menjadi freelancer dan dapat penghasilan sendiri selanjutnya yaitu dengan mempromosikan keahlian Anda. Pasalnya, Jika Anda memiliki keahlian bagus namun diam saja maka tidak ada orang yang tahu, sehingga Anda harus mempromosikan keahlian tersebut.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Mudah

Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi atau branding personal, seperti Instagram, Facebook dan website. Tak menutup kemungkinan ada klien yang menawarkan Anda untuk bekerja sama.

Membuat Portofolio yang Menarik

Saat melamar pekerjaan Anda harus melampirkan CV dan portofolio. Buatlah portofolio yang menarik, meyakinkan dan tampak profesional untuk menarik perhatian klien dan bisa menerima Anda bekerja. Tentunya portofolio yang Anda kirim sesuai dengan bidang yang Anda lamar atau inginkan.

Anda bisa menunjukkan semua karya atau hasil pekerjaan terbaik Anda dalam portofolio tersebut. Misalnya jika Anda seorang penulis konten, Anda bisa menunjukkan tulisan yang sudah terbit di beberapa website atau jika Anda seorang desainer Anda bisa melampirkan beberapa hasil desain Anda buat.

Untuk menampilkan portofolio yang bagus dan menarik Anda bisa menggunakan website. Pasalnya membuat website untuk portofolio lebih mudah diakses.

Tentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya, Anda bisa menentukan target pasar. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan sendiri dari hasil kerja freelancer. Target pasar disesuaikan dengan keahlian yang Anda miliki.

Misalnya jika Anda merupakan penulis konten, maka siapa kira-kira target pasar Anda, bisa perusahaan advertising, pemilik website atau lainnya.

Jika anda sudah mengetahui target pasar yang tepat maka akan lebih mudah untuk unjuk gigi. Anda juga bisa melakukan promosi yang jelas dan tepat sasaran.

Tentukan Harga Pengerjaan Project Anda

Bagi para freelancer baru mungkin akan kesulitan menentukan harga pengerjaan. Pasalnya menentukan harga tidak boleh dilakukan sembarangan, jika mematok harga yang terlalu tinggi maka Anda akan susah mendapatkan klien, namun jika Anda mematok terlalu rendah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan.

Agar tidak bingung, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan harga pengerjaan dengan tepat, mulai dari jenis Project yang dikerjakan, kesulitan dalam mengerjakan Project, waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan Project. Anda juga bisa mencari informasi besaran harga untuk Project yang Anda lakukan.

Itulah 7 situs untuk freelancer dan cara menjadi freelancer dan dapat penghasilan sendiri yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *