Statistika Deskriptif: Pengertian Tabulasi, Diagram dan Grafik Statistika Deskriptif: Pengertian Tabulasi, Diagram dan Grafik

Statistika Deskriptif: Pengertian Tabulasi, Diagram dan Grafik

Statistika Deskriptif -Statistika Deskriptif merupakan metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan, pringkasan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna.

Statistika deskriptif adalah cabang statistika yang berfokus pada pengumpulan, pengorganisasian, dan penyajian data secara sistematis. Tujuan utama dari statistika deskriptif adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan ringkas tentang data yang ada.

Contoh Masalah Statistika Deskriptif

  1. Tabulasi Data
  2. Diagram Balok
  3. Grafik Perkembangan Harga

Tabulasi Data

Tabulasi Data adalah penyajian data dalam bentuk tabel dengan cara membuat tabel yang berisikan data sesuai dengan kebutuhan analisis.

Tabulasi adalah proses pengorganisasian data ke dalam tabel yang terstruktur. Dalam tabulasi, data diatur dalam kolom dan baris yang memudahkan pembacaan dan analisis. Tabel dapat berisi data tunggal atau data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Fungsi Tabulasi

  1. Mempermudah pemahaman data: Dengan mengatur data dalam tabel, informasi yang terkandung dalam data dapat lebih mudah dipahami.
  2. Membandingkan data: Tabel memungkinkan perbandingan antara data yang berbeda. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi pola atau tren yang mungkin terjadi.
  3. Menyajikan data secara terstruktur: Tabulasi memungkinkan penyajian data yang terstruktur dan ringkas.
  4. Menyajikan data secara teratur dan sistematis.
  5. Memudahkan pengelompokan dan pengorganisasian data.
  6. Membantu dalam mengidentifikasi pola atau kecenderungan data.
  7. Mempermudah perbandingan antara variabel-variabel yang ada.
  8. Memberikan gambaran umum tentang data yang diamati.

Contoh Tabulasi Data

Contoh 1:

Preferensi MakananJumlah Responden
Makanan Padang30
Makanan Jepang20
Makanan Barat15

Contoh 2:

Contoh Tabulasi Data

Diagram

Apa itu Diagram? Diagram adalah suatu gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan suatu data yang akan disajikan.

Baca Juga :   10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Syurga Oleh Allah SWT

Diagram adalah representasi visual dari data statistik yang disajikan dalam bentuk gambar atau grafik. Diagram digunakan untuk mempermudah pemahaman dan analisis data.

Dengan menggunakan diagram, kita dapat melihat perbandingan, perubahan, dan distribusi data dengan lebih jelas dan mudah.

Fungsi Diagram

Berikut adalah beberapa fungsi diagram dalam statistika deskriptif:

  1. Membantu visualisasi data agar lebih mudah dipahami.
  2. Memperlihatkan perbandingan antara kategori-kategori data.
  3. Menyoroti perbedaan atau kesamaan antara variabel-variabel yang ada.
  4. Memudahkan pengamatan terhadap pola atau kecenderungan data.
  5. Memberikan gambaran yang lebih jelas dan menarik tentang data yang diamati.

Diagram balok

Diagram Balok merupakan suatu gambaran penyajian data dalam bentuk balok, dan pada umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai – nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu.

Contoh Diagram Balok

Grafik

Grafik adalah suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses menyampaikan informasi.

Grafik juga merupakan representasi visual dari data, namun dengan bentuk yang lebih bebas. Grafik dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan antara dua variabel atau lebih. Dalam statistika deskriptif, grafik sering digunakan untuk menampilkan perubahan atau tren dari suatu data dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Grafik

Berikut adalah beberapa fungsi grafik dalam statistika deskriptif:

  1. Menunjukkan hubungan antara dua variabel atau lebih.
  2. Memperlihatkan perubahan atau tren dari suatu data dalam jangka waktu tertentu.
  3. Memudahkan pemahaman terhadap pola atau kecenderungan data secara visual.
  4. Membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis data yang dilakukan.
  5. Memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang data yang diamati.
Baca Juga :   Membuat Transalasi Kubus C++ OpenGL

Contoh Grafik

Contoh Grafik

Tabulasi, diagram, dan grafik merupakan alat penting dalam statistika deskriptif. Dengan menggunakan tabulasi, diagram, dan grafik, kita dapat menyajikan data secara sistematis, menggambarkan pola dan hubungan data, mempermudah analisis data, serta mengkomunikasikan informasi dengan lebih jelas dan menarik.

Dengan menggunakan tabulasi, diagram, dan grafik, kita dapat dengan mudah melihat pola penjualan, perbandingan antara produk, serta perubahan tren penjualan dari waktu ke waktu. Hal ini akan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Contoh penggunaan tabulasi, diagram, dan grafik dalam statistika deskriptif meliputi tabel perbandingan jumlah penduduk berdasarkan usia, diagram batang perbandingan tingkat pendidikan, dan grafik garis perubahan suhu harian. Dengan memahami pengertian dan fungsi tabulasi, diagram, dan grafik, kita dapat menggunakan alat-alat tersebut secara efektif dalam menganalisis dan menyajikan data statistik.
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *