Cara Menulis Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp Cara Menulis Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp

Cara Menulis Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat datang, teman-teman, di situs sederhana ini. Saya sangat senang dengan kedatangan Anda di sini dan saya ucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke situs saya.

Pembahasan kali ini adalah tentang fitur WhatsApp yang sedang tren, di mana katanya bisa menuliskan pesan hanya dengan menggunakan suara tanpa perlu mengetik.

Sebenarnya, ini bukanlah fitur baru di semua aplikasi; kita bisa mengetik dengan suara tanpa mengetik secara manual karena fitur ini merupakan bawaan pada Android.

Tidak mengherankan jika akhir-akhir ini banyak artikel yang membahas cara menulis menggunakan suara di aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya, tidak hanya di aplikasi WhatsApp, tetapi kita juga bisa menulis dengan suara. Artikel yang anda baca ini, misalnya, saya tulis menggunakan suara, bukan mengetikkannya dengan keyboard.

Mengetik teks dengan mengucapkan kata-kata bisa diterapkan di berbagai aplikasi seperti SMS, WhatsApp, membuat status di Facebook, mengirim email, atau di mana saja dalam aplikasi Android.

Fitur ini umumnya disebut sebagai fitur voice dan biasanya ada di bagian keyboard pada perangkat HP, namun letaknya mungkin berbeda-beda antar HP atau bahkan ada yang harus diaktifkan secara manual.

Cara Menulis Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp

Caranya sangat mudah, Anda cukup menekan lama tombol Voice yang berbentuk mikrofon pada keyboard Anda, dan Anda bisa mengucapkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sampaikan.

Jika Anda ingin mengucapkan dalam Bahasa Indonesia, atur pengaturannya menggunakan bahasa tersebut. Sebenarnya, walaupun pengaturannya menggunakan Bahasa Indonesia,

Baca Juga :   Cara agar Postingan Grup Tidak Ada di Beranda Facebook

Anda tetap bisa menggunakan bahasa Inggris atau bahasa daerah yang didukung oleh Google, seperti bahasa Jawa atau bahasa Bali yang ada di Indonesia.

Namun demikian, saya sendiri belum mencobanya menggunakan bahasa daerah, terutama bahasa Jawa dan bahasa Bali, karena saya bukan orang Jawa atau Bali.

Cara ini dapat diterapkan di berbagai aplikasi, termasuk untuk mengirim SMS atau bahkan menulis artikel untuk sebuah website. Artikel yang Anda baca ini merupakan contoh artikel yang ditulis menggunakan suara.

Banyak artikel yang sudah saya tulis menggunakan suara dan tentunya saya menggunakan HP. Dengan cara ini, kita tidak perlu lelah mengetik dengan jari kita.

Kita bisa menghasilkan artikel yang panjang dan berkualitas cukup dengan berbicara, hal ini sungguh luar biasa, bukan?

1. Menggunakan Fitur Voice Message

Salah satu cara termudah untuk menulis pesan tanpa mengetik di WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur voice message.

Fitur ini memungkinkan merekam suara dan mengirimkannya sebagai pesan suara kepada kontak Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimkan pesan suara.
  3. Tekan ikon mikrofon di sebelah kanan kotak teks.
  4. Tahan tombol mikrofon dan mulai merekam pesan suara Anda.
  5. Setelah selesai merekam, lepaskan tombol mikrofon.
  6. Pesan suara Anda akan otomatis dikirimkan kepada kontak atau grup yang Anda pilih.

2. Menggunakan Fitur Speech-to-Text

Jika tidak ingin merekam suara, tetapi tetap ingin menulis pesan tanpa harus mengetik, dapat menggunakan fitur Speech-to-Text yang ada di ponsel.

Fitur ini akan mengubah ucapan Anda menjadi teks yang dapat dikirimkan melalui WhatsApp.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimkan pesan teks.
  3. Tekan ikon mikrofon di sebelah kanan kotak teks.
  4. Tahan tombol mikrofon dan mulai mengucapkan pesan Anda.
  5. Lepaskan tombol mikrofon setelah selesai berbicara.
  6. Pesan teks akan muncul di kotak teks dan Anda dapat mengeditnya sebelum mengirimkannya.
  7. Tekan ikon kirim untuk mengirimkan pesan teks.
Baca Juga :   Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP

3. Menggunakan Fitur WhatsApp Web

Jika lebih nyaman mengetik menggunakan keyboard komputer daripada keyboard ponsel, dapat menggunakan fitur WhatsApp Web untuk menulis pesan tanpa harus mengetik di ponsel.

Untuk menggunakan fitur WhatsApp Web, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser web di komputer Anda dan kunjungi situs web WhatsApp Web (https://web.whatsapp.com).
  2. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan buka menu pengaturan.
  3. Pilih opsi “WhatsApp Web” dan arahkan kamera ponsel Anda ke kode QR yang terlihat di browser komputer Anda.
  4. Aplikasi WhatsApp di komputer Anda akan terhubung dengan ponsel Anda dan tampilan WhatsApp akan muncul di browser.
  5. Pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimkan pesan.
  6. Tulis pesan Anda menggunakan keyboard komputer Anda.
  7. Tekan tombol kirim untuk mengirimkan pesan.

Keuntungan dari fitur ini adalah kita bisa menghasilkan pesan atau artikel yang panjang dengan berbicara, sehingga lebih menghemat waktu dan tidak membuat jari kita lelah karena mengetik. Selain itu, bahasa yang dihasilkan adalah bahasa yang baku tanpa singkatan.

Oleh karena itu, fitur ini memang sangat luar biasa, tetapi kehadirannya sudah cukup lama, hanya saja banyak orang yang tidak tahu kegunaannya karena bentuknya yang mirip microphone, mungkin orang mengira itu untuk karaoke, padahal gunanya adalah untuk menghasilkan teks dari suara yang diucapkan.

Keuntungan lainnya adalah kita bisa menghasilkan artikel dengan membaca buku sebagai referensi, ini adalah hal yang menarik bagi saya, terutama sebagai seorang penulis di blog atau web. Hanya dalam waktu 1 atau 2 menit, artikel sepanjang ini bisa saya hasilkan.

Saran saya bagi teman-teman yang lain adalah menggunakan fitur ini agar hemat waktu, bahkan saat di perjalanan menggunakan kereta, angkot, pesawat, atau sedang beraktivitas lainnya.

Baca Juga :   Cara Mengubah PDF ke Word Lengkap

Namun, fitur ini masih memiliki kekurangan, misalnya, sulit untuk menambahkan tanda baca seperti titik koma secara otomatis. Kita harus menulisnya secara manual di tempat yang diperlukan. Tetapi menurut saya, hal ini bukanlah sesuatu yang sulit, karena meletakkan titik koma itu mudah.

Yang penting, tulisan atau pesan atau artikel yang kita inginkan sudah tercipta, dan jika untuk menambahkan tanda baca itu mudah, maka tidak masalah.

Baiklah, teman-teman, saya rasa cukup sampai di sini artikel saya kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. Saya minta maaf jika ada kata-kata dalam tulisan ini yang kurang dimengerti. Jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar.

Saya sangat menunggu komentar-komentar yang membangun dan memberi semangat kepada saya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan bosan-bosan berkunjung ke situs saya. Terima kasih.

  1. Memang sekarang sangat mudah untuk ngirim pesan tanpa ngetik, ini juga sering saya lakukan jika jari lagi males bergerak.. hehe

  2. Baru tau saya, ternyata tombol rekam suara itu bisa menghasilkan tulisan. Saya kira itu fitur untuk kirim pesan suara doang. Hahahaha
    Oiya, mengenai partneran, sudah saya pasang link blognya di blogku, kang. Hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *