Cara Mendaftarkan Gmail di HP Android Cara Mendaftarkan Gmail di HP Android

Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

Halo teman teman semua, kali ini kita akan membahas tentang gmail, dimana kali ini tutorialnya adalah cara mendaftarkan gmail baru melalui HP Android.

Pada era serba teknologi ini terutama dunia maya, email sangatlah dibutuhkan, bisa dibilang email adalah sebuah paspor jika ingin mendaftar apa saja di internet.

Pengertian Email

Email atau singkatan dari electronic mail, yaitu surat elektronik yang bisa kita kirim dan terima melalui internet.

Email sangat berguna untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, baik untuk urusan bisnis, pendidikan, hiburan, atau hal lainnya.

Email juga bisa mengirimkan berbagai jenis file, seperti dokumen, foto, video, musik, dan lain-lain.

Untuk menggunakan email, kita perlu membuat akun email terlebih dahulu. Ada banyak penyedia layanan email gratis yang bisa kita pilih, seperti Gmail, Yahoo Mail, Outlook, dan lain-lain.

Setiap akun email memiliki alamat email yang unik, yang biasanya terdiri dari nama pengguna dan nama domain procider.

Untuk mengirim email, kita perlu mengetikkan alamat email penerima di kolom “To”, menulis subjek email di kolom “Subject”, dan menulis isi pesan di kolom “Body”.

Kita juga bisa menambahkan lampiran file jika perlu. Setelah itu, kita tinggal klik tombol “Send” dan email akan terkirim ke penerima.

Untuk menerima email, kita perlu membuka akun email kita dan melihat kotak masuk atau inbox.

Di sana kita bisa melihat daftar email yang masuk dari berbagai pengirim. Kita bisa membuka email yang ingin kita baca dengan mengklik judulnya.

Kita juga bisa membalas email dengan mengklik tombol “Reply”, meneruskan email ke orang lain dengan mengklik tombol “Forward”, atau menghapus email dengan mengklik tombol “Delete”.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam atau Black Screen

Cara Mendaftarkan Gmail

Selain sebagai alat komunikasi, Gmail di smartphone kita juga berfungsi sebagai alat security dan backup hp kita, apalagi Gmail dan android sinkron karena memang sama sama besutan google.

Langsung saja tutorialnya teman teman, siapkan HP android kamu.

1. Buka HP anda, dan pastikan memiliki data dan terkoneksi dengan internet.

2. Buka aplikasi Gmail atau Google, jika HP masih baru, anda bisa membuka aplikasi Google apa saja, biasanya Google akan meminta membuat akun baru.

Selain itu, kamu juga bisa melalui menu pengaturan atau menu setelan atau bahasa inggrisnya Setting.

3. Di aplikasi Gmail, jika pertama kali maka akan langsung terbuka halaman login, silahkan klik Membuat akun, jika sudah ada email sebelumnya, maka klik ikon profil disusut kanan atas, lalai klik Tambahkan akun lainnya.

Jika dari menu pengaturan, gulir kebawah, klik menu akun dan pencadangan, lalu klik lagi akun, dan kemudian klik lagi tambahkan akun, lalu pilih Google

Cara Menambahkan Gmail yang sudah terdaftar Ke HP Baru

4. Lalu, akan muncul jenela tambahkan akun, klik “Atau buat akun baru”. Isikan nama depan dan nama belakang kamu di form yang disediakan, setelah itu klik Berikutnya.

5. Masukkan tanggal lahir anda dengan benar, dikolom hari masukkan tanggal, pilih bulan, lalu masukkan tahun kelahiran anda, lalu isi jenis kelamin kamu, lalu klik tombol berikutnya.

Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

6. Masukkan nama pengguna anda, ini nantinya yang akan menjadi alamat email anda, pastikan tidak ada spasi, gunakan panduan kata dan angka jika ingin, lalu klik tombol berikutnya.

7. Selanjutnya masukkan kata sandi anda, dan ulangi lagi kata sandi yang sama dikolom kedua, lalu klik tombol berikutnya.

Baca Juga :   Cara Keluar dari Grup Facebook
Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

8. Kamu juga bisa masukkan nomor HP kamu, jika tidak ingin anda bisa abaikan.

9. Selanjutnya persetujuan penggunaan gmail, klik selanjutnya hingga muncul tombol saya setuju, lalu klik Saya Setuju.

10. Langkah selanjutnya klik berikutnya dan tunggu proses pendaftran selesai. Jika muncul jendela alat pembayaran, pilih lain kali, lalu berikutnya atau Net.

11. Sampai disini, kita sudah berhasil membuat akun gmail, sekarang kita akan membukanya mellui aplikasi Gmail, Buka aplikasi gmail di HP kamu.

12. Jika kamu punya banyak gmail, klik dulu tombol garis garis disudut atas kiri, lalu pilih email yang baru dibuat. Selamat kamu berhasil membuat akun gmail.

Cara Menambahkan Gmail yang sudah terdaftar Ke HP Baru

1. Buka aplikasi Gmail, klik pada ikon profil disudut kanan atas, lalu klik Tambahkan akun lainnya, Lalu klik Google.

Cara Menambahkan Gmail yang sudah terdaftar Ke HP Baru

2. Masukkan alamat gmail diikuti password kamu di kolom yang disediakan, lalu klik selanjutnya

Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

3. Pada halaman persyaratan dan persetujuan klikk Saya setuju, tunggu hingga email anda selesai dimuat.

Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

4. Untuk melihat email, buka aplikasi Gmail, lalu klik ikon profil di pojok kanan atas, pilih akun gmail yang ingin anda buka.

Silahkan anda gunakan gmail anda di semua aplikasi, seperti Play store, drive youtube. caranya, tinggal klik tombol menu garis garis disudut kiri atas aplikasi, pilih gmail kamu.

Akhirnya tutorial kita kali ini selesai, bagaimana, mudah bukan, ya pastinya mudah jika sudah terbiasa. Saya kira cukup sekian artikel kta hari ini, semoga bisa bermanfaat buat kita semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *