Pengertian Tipe Data adalah: Fungsi dan Jenis-Jenis Tipe Data Pengertian Tipe Data adalah: Fungsi dan Jenis-Jenis Tipe Data

Pengertian Tipe Data adalah: Fungsi dan Jenis-Jenis Tipe Data

Tipe data adalah konsep penting dalam pemrograman. Tipe data mengacu pada jenis nilai yang dapat disimpan dan diolah oleh suatu program. Setiap tipe data memiliki karakteristik dan batasan tertentu yang mempengaruhi cara data tersebut dapat digunakan.

Tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai atau value yang akan disimpan ke dalam memori, dan yang akan di proses dalam program.

Fungsi Tipe Data

Tipe data digunakan untuk mengklasifikasikan nilai yang akan digunakan dalam program. Dengan menggunakan tipe data yang tepat, program dapat melakukan operasi yang sesuai dan menghindari kesalahan atau kekeliruan yang mungkin terjadi.

Beberapa fungsi penting dari tipe data adalah:

  1. Memastikan bahwa nilai yang dimasukkan sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Memungkinkan program untuk melakukan operasi matematika dan logika yang benar.
  3. Memudahkan dalam penyimpanan dan pengelolaan data.

Jenis-Jenis Tipe Data

Ada beberapa jenis tipe data yang umum digunakan dalam pemrograman, di antaranya:

1. Tipe Data Primitive (Sederhana)

Tipe data primitive adalah Tipe data yang mampu menyimpan satu nilai tiap satu variable, Tipe data primitive merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program.

Jenis-Jenis Tipe Data Primitive (Sederhana)

1. Numerik

Tipe data numeric digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk angka. Tipe data ini terbagi atas integer, dan real

Baca Juga :   Pengertian Noise Pada Citra Digital

2. Integer

Integer Merupakan tipe data berupa bilangan bulat, terbagi atas beberapa kategori seperti table dibawah ini

Metodologi Data Mining

3. Real

Real adalah bilangan yang berisi titik desimal atau jenis bilangan pecahan.

Pengertian Firewall adalah: Jenis-Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

4. Karakter (char)

Karakter merupakan tipe data yang hanya mampu menyimpan 1 digit karakterUkuran untuk tipe data karakter adalah 1 byte (1 byte = 8 bit)

Nilai-nilai yang termasuk karakter adalah :

  1. Karakter huruf : ‘a’..’z’,’A’..’Z’
  2. Karakter angka : ‘0’..’9’
  3. Karakter tanda baca : titik, koma, titik koma, titik dua dan sebagainya
  4. Karakter khusus : $, %, #, @ dan sebagainya.

5. Boolean

Boolean merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah)

2. Tipe Data Composite

Tipe Data Composite merupakan tipe datayang dapat menampung banyak nilai.

Jenis-Jenis Tipe Data Composite:

  1. Array
  2. Record atau Struct
  3. Image
  4. Date Time
  5. Object
  6. Subrange
  7. Enumerasi

1. Array

Array atau sering disebut sebagai larik, adalah tipe data yang sudah terstruktur dengan baik, meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variable

2. Record atau struct

Seperti halnya Array, Record atau Struct juga termasuk tipe data komposit. Record dikenal dalam bahasa Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam bahasa C++. Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen)

3. Image

Image, atau gambar, atau citra, merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan, dan lain-lain

4. Date Time

Tipe data object digunakan untuk menyimpan nilai yang berhubungan dengan obyek-obyek yang disediakan oleh Visual Basic, Delphi, dan bahasa pemrograman lain yang berbasis GUI. Sebagai contoh, apabila mempunyai form yang memiliki control Command button, yang kita beri nama Command1

Baca Juga :   Ruang Lingkup dan Keterbatasan Analisis Manfaat Biaya

5. Subrange

Tipe data subrange merupakan tipe data bilangan yang mempunyai jangkauan nilai tertentu sesuai dengan yang ditetapkan programmer. Biasanya, tipe data ini mempunyai nilai batas minimum dan nilai batas maksimum

6. Enumerasi

Tipe data ini merupakan tipe data yang mempunyai elemen-elemen yang harus disebut satu persatu, dan bernilai konstanta integer sesuai dengan urutannya. Nilai konstanta integer elemen ini diwakili oleh suatu nama variable yang ditulis di dalam kurung

3. Tipe Data Terstruktur

1. Tipe Data String

Tipe Data String adalah tipe data yang mampu menampung sejumlah karakter secara bersamaan. Dalam compiler Turbo Pascal, string memiliki batasan maksimum sebanyak 255 karakter.

2. Tipe Data Set

Tipe Data Set merupakan himpunan nilai atau anggota yang khusus digunakan dalam bahasa pemrograman Pascal. Konsep Set dalam pemrograman ini sangat mirip dengan himpunan dalam matematika.

4. Tipe Data Pointer

Tipe Data Pointer merupakan variabel khusus yang berisi alamat memori lain.

Ada dua jenis pointer:

1. Typed (Tertentu)

Pointer ini menunjuk pada tipe data khusus dalam variabel.

2. Generic (Umum

Pointer ini tidak terikat pada tipe data tertentu dalam variabel. Pointer memungkinkan penggunaan langsung alamat memori dalam pemrograman, memberikan fleksibilitas dalam manipulasi data.

Tentu saja, masih ada banyak jenis tipe data lainnya yang dapat digunakan dalam pemrograman, tergantung pada kebutuhan dan bahasa pemrograman yang digunakan. Penting untuk memahami jenis-jenis tipe data ini agar dapat menggunakannya dengan benar dalam program yang kita buat.

Semoga penjelasan tentang pengertian tipe data dan jenis-jenis tipe data ini dapat membantu Anda dalam memahami dasar-dasar pemrograman. Selamat belajar dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *