Sosiologi adalah Sosiologi adalah

Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Pendekatan dan Fenomena

Selamat siang…! Pada kesempatan kali ini, bahan materi yang akan dibahas yaitu Pengertian Sosiologi Ekonomi, Arti Pendekatan Sosiologi dan Pengertian Fenomena Ekonomi. Akan saya jelaskan satu per satu. Sebelum kita membahas arti dari sosiologi ekonomi, pertama-tama kalian harus tahu dulu apa pengertian sosiologi dan ekonomi.

Pengertian Ekonomi

Nah, dibawah ini untuk penjelasan arti ekonomi :
Ekonomi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu Economy. Kata Economy sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomike yang memiliki arti pengelolaan rumah tangga.

Pengertian Ekonomi adalah suatu usaha dalam pembuatan keputusan dan pelaksanaannya yang berhubungan dengan pengalokasian sumberdaya masyarakat (rumah tangga dan pebisnis atau perusahaan) yang terbatas diantara berbagai anggotanya, dengan pertimbangkan kemampuan, usaha dan keinginan masing-masing.

Pengertian Sosiologi Ekonomi

Pengertian Sosiologi Ekonomi dapat dilihat dari 2 segi, yaitu :

1. Pengertian Sosiologi Ekonomi adalah suatu kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat, yang di dalamnya terjadi suatu interaksi sosial dengan ekonomi. Dalam hubungan itu dapat kita lihat bagaimana masyarakat mempengaruhi ekonomi dan bagaimana ekonomi mempengaruhi masyarakat.

Dalam sosiologi ekonomi, konsep masyarakat mempengaruhi ekonomi dapat kita lihat contohnya dalam kegiatan ekonomi.

Masyarakat sebagai realitas eksternal-objektif akan menuntun individu dalam melakukan kegiatan ekonomi seperti apa yang boleh diproduksi, bagaimana memproduksinya dan dimana memproduksinya.

Baca Juga :   Materi I : Ekonomi Pertanian

Dari kegiatan yang dilakukan masyarakat ini menunjukkan bahwa masyarakatlah yang mempengaruhi ekonomi.

Dalam sosiologi ekonomi, konsep ekonomi mempengaruhi masyarakat dapat kita contohnya dalam kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Semua manusia perlu mengkonsumsi pangan, sandang dan papan untuk bisa bertahan hidup.

Oleh karena itu manusia tersebut perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja, ini menunjukkan bahwa faktor ekonomi yang mempengaruhi manusia.

Sosiologi ekonomi tidak hanya tertarik pada bagaimana orang berperilaku secara ekonomi, tetapi juga bagaimana sistem ekonomi dipengaruhi oleh nilai-nilai, norma, kepercayaan, jaringan, institusi, dan budaya masyarakat.

Sosiologi ekonomi juga mencoba menjelaskan fenomena-fenomena sosial yang berkaitan dengan ekonomi, seperti kemiskinan, ketimpangan, konsumsi, kelas sosial, mobilitas sosial, dan sebagainya.

2. Pengertian Sosiologi Ekonomi adalah suatu pendekatan sosiologis yang diterapkan pada fenomena ekonomi.

Dalam hal ini, terdapat dua hal yang harus dijelaskan yaitu Pendekatan Sosiologis dan Fenomena Ekonomi.
Pendekatan Sosiologis merupakan metode yang digunakan dalam sosiologi untuk memahami kenyataan sosial termasuk didalamnya kompleksitas, aktivitas yang berkaitan dengan ekonomi seperti produksi, konsumsi dan distribusi serta yang lainnya.

Fenomena Ekonomi adalah gejala dari cara bagaimana orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap jasa dan barang langka. Fenomena tersebut terjadi karena keterbatasan alat pemuas kebutuhan tidak seimbang dengan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks.

Sosiolog (pakar sosiologi) melihat fenomena ekonomi memiliki konsep, variabel, dan teori sosiologi dalam kerangka pikir, sedangkan metode merupakan alat untuk mendapatkan atau memperoleh data. Melalui teori dan metode yang dimiliki, sosiolog mengkaji fenomena ekonomi yang berkembang dalam proses interaksi sosial dan masyarakat.

Beberapa contoh fenomena sosial yang menjadi fokus sosiologi ekonomi adalah:

  • Kepercayaan dan kerjasama: Bagaimana kepercayaan dan kerjasama antara individu atau kelompok dapat mempengaruhi hasil-hasil ekonomi, seperti pertumbuhan, inovasi, kesejahteraan, dan stabilitas.
  • Jaringan sosial: Bagaimana struktur dan dinamika jaringan sosial dapat mempengaruhi akses dan distribusi sumber daya ekonomi, seperti informasi, modal, peluang, dan reputasi.
  • Institusi: Bagaimana aturan-aturan formal dan informal yang mengatur interaksi sosial dapat mempengaruhi perilaku dan kinerja ekonomi individu atau organisasi.
  • Budaya: Bagaimana nilai-nilai, norma, simbol, dan praktik budaya dapat mempengaruhi preferensi, motivasi, persepsi, dan tindakan ekonomi individu atau kelompok.
  • Kemiskinan dan ketimpangan: Bagaimana proses-proses sosial dapat menciptakan atau mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dalam masyarakat.
  • Konsumsi: Bagaimana konsumsi barang dan jasa dapat mencerminkan atau membentuk identitas sosial individu atau kelompok.
  • Kelas sosial: Bagaimana posisi individu atau kelompok dalam struktur sosial dapat mempengaruhi peluang dan kendala ekonomi mereka.
  • Mobilitas sosial: Bagaimana perubahan posisi individu atau kelompok dalam struktur sosial dapat mempengaruhi aspirasi dan prestasi ekonomi mereka.
Baca Juga :   Sosiologi Ekonomi Konsumsi

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Sosiologi Ekonomi, Arti Pendekatan Sosiologi dan Pengertian Fenomena Ekonomi. Saya berharap, materi yang disampaikan dapat dipahami semaksimal mungkin. Sampaikan tanggapan anda dikolom komentar.

Refrensi : Pengertian Pakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *