Konsep Frekuensi Dalam Sinyal Waktu Continue Konsep Frekuensi Dalam Sinyal Waktu Continue

Pengertian Hybrid AI Beserta Contohnya

Hybrid AI adalah sistem yang menggabungkan beberapa teknologi AI untuk dimanfaatkan atau memadukan keunggulan masing-masing teknologi.

Sehingga dapat menjadi alternatif atau solusi untuk mengoptimalkan opini benar atau tidaknya suatu data yang terkumpul untuk dijadikan bahan dalam proses pengambilan keputusan.

Pengertian Hybrid AI

Hybrid AI (Artificial Intelligence) adalah kombinasi antara kecerdasan buatan (AI) dan kecerdasan manusia. Dalam konteks ini, AI merujuk pada sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Kecerdasan manusia, di sisi lain, merujuk pada kemampuan manusia untuk berpikir, belajar, dan membuat keputusan berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang dimilikinya.

Hybrid AI menggabungkan kekuatan AI dan kecerdasan manusia untuk menciptakan sistem yang lebih canggih dan efektif.

Dengan menggunakan AI, sistem dapat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan data yang besar dan cepat. Sementara itu, kecerdasan manusia memberikan pemahaman yang mendalam tentang konteks dan nuansa yang sulit dipahami oleh AI.

Alasan Hybrid AI dibutuhkan :

  • Adanya keterbatasan pada masing-masing metode atau teknik dalam AI
  • Kebutuhan dari problem yang diselesaikan
  • Dipilih saat memberikan hasil yang lebih baik daripada hanya dengan satu metode AI
  • Dalam rangka mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki
  • Mudah diimplementasikan terhadap berbagai kasus / permasalahan yang kompleks
  • Keputusannya akan dapat segera diambil
  • Tidak bergantung pada satu sistem saja, karena ada sistem lain yang mendukung sehingga dapat saling support.
Baca Juga :   Lahan Pertanian adalah: Pengertian, Jenis Jenis, Bentuk dan Karakteristik

Contoh System Hybrid AI

1. Mikrowave

Dimana alat ini bekerja untuk memanaskan benda kerja, saat microwave beroperasi maka suhu didalamnya akan menjadi panas sesuai dengan setting suhu yang dapat disesuaikan untuk memanaskan benda kerja

2. Mesin Kalor

Yaitu sebutan untuk alat yang berfungsi mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Contohnya adalah mesin pembangkit tenaga listrik, batu bara, atau bahan bakar lain dibakar dan energi panas yang dihasilkan digunakan untuk mengubah wujud air ke uap.

3. Konversi Energi Thermal Lautan

Metode untuk menghasilkan energi listrik menggunakan prinsip perbedaan temperature yang berada di antara laut dalam dan perairan dekat permukaan.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Hybrida

PLTH ini berasal dari energi matahari, angin, dan lain-lain yang dikombinasikan dengan Diesel-Generator dan bisa diaplikasikan pada daerah-daerah yang sukar dijangkau oleh sistem pembangkit besar seperti jaringan PLN

5. Kernel Hybrida

Kernel hibrida merupakan arsitektur kernel yang menggabungkan aspek-aspek yang terdapat pada mikro kernel dan kernel monolitik dalam pengembangan perangkat lunak sistem operasi.

Pengkategorian kernel hibrid dipandang kontroversial karena karakteristiknya yang sangat mirip dengan karakteristik kernel monolitik pengkategorian kernel hibrid hanya sebatas diferensiasi untuk tujuan pemasaran

Contoh Hybrid AI

1. Asisten Virtual

Salah satu contoh penerapan Hybrid AI adalah dalam asisten virtual seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant. Asisten virtual ini menggunakan AI untuk memahami dan merespons perintah pengguna. Namun, mereka juga mengandalkan kecerdasan manusia dalam hal pemahaman konteks dan memberikan respons yang lebih relevan dan bermakna.

Contohnya, ketika Anda bertanya kepada asisten virtual tentang rekomendasi restoran di sekitar Anda, AI akan menganalisis data dan memberikan opsi yang sesuai. Namun, kecerdasan manusia diperlukan untuk memahami preferensi dan kebutuhan individu, serta memberikan rekomendasi yang lebih personal dan terkait dengan konteks.

Baca Juga :   Pengertian Statistik dan Statistika, Jenis-Jenis, Fungsi dan Manfaat Statistik

2. Pengenalan Suara

Hybrid AI juga digunakan dalam teknologi pengenalan suara seperti Siri atau Google Voice Search. AI digunakan untuk menganalisis dan memahami suara yang diucapkan oleh pengguna. Namun, kecerdasan manusia diperlukan dalam proses pengenalan kata-kata yang tidak jelas atau pengucapan yang tidak standar.

Contohnya, ketika Anda menggunakan asisten virtual untuk mencari lagu berdasarkan lirik, AI akan mencocokkan lirik dengan database musik yang ada. Namun, jika pengucapan Anda tidak jelas atau lirik yang Anda ucapkan tidak sesuai dengan database, kecerdasan manusia diperlukan untuk memahami maksud Anda dan memberikan hasil yang relevan.

3. Analisis Data

Hybrid AI juga digunakan dalam analisis data. AI digunakan untuk memproses dan menganalisis data yang besar dan kompleks dengan cepat. Namun, kecerdasan manusia diperlukan dalam interpretasi hasil analisis dan pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman konteks dan pengalaman.

Contohnya, dalam analisis data penjualan, AI dapat mengidentifikasi tren dan pola yang sulit dipahami oleh manusia. Namun, kecerdasan manusia diperlukan untuk menginterpretasikan hasil analisis tersebut dan mengambil keputusan yang lebih strategis, seperti menentukan strategi pemasaran yang tepat atau mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Kesimpulan

Hybrid AI menggabungkan kecerdasan buatan dan kecerdasan manusia untuk menciptakan sistem yang lebih canggih dan efektif. Dalam contoh-contoh seperti asisten virtual, pengenalan suara, dan analisis data,

AI digunakan untuk memproses data dan memberikan hasil yang cepat, sementara kecerdasan manusia memberikan pemahaman konteks dan pengambilan keputusan yang lebih mendalam.

Dengan adanya Hybrid AI, kita dapat mengoptimalkan potensi dan kekuatan baik AI maupun manusia untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *