Globalisasi adalah Globalisasi adalah

Globalisasi adalah: Pengertian, Dampak Positif, Dampak Negatif

Di era globalisasi ini, penting bagi kita untuk memanfaatkan peluang yang ada dan menghadapi tantangan dengan bijaksana. Kita perlu terus meningkatkan kualitas produk dan daya saing kita agar tetap relevan di pasar global. Selain itu, kita juga harus tetap menjaga dan melestarikan budaya dan identitas kita sebagai bangsa.

Salah satu fungsi utama globalisasi adalah menghubungkan negara-negara di seluruh dunia. Dalam era yang serba terhubung ini, kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang dari berbagai belahan dunia melalui internet dan media sosial. Hal ini membuat dunia terasa lebih kecil dan memungkinkan kita untuk saling bertukar informasi, budaya, dan pengetahuan.

Tidak hanya itu, globalisasi juga berperan dalam memperluas pasar. Dengan adanya perdagangan internasional yang semakin bebas, produk-produk dari berbagai negara bisa dengan mudah masuk ke pasar global. Ini memberikan peluang bagi produsen lokal untuk memperluas jangkauan bisnisnya dan meningkatkan pendapatan.

Globalisasi juga memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi. Melalui investasi asing, negara-negara dapat memperoleh modal dan teknologi baru untuk mengembangkan industri mereka. Hal ini membantu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, kita juga perlu menyadari bahwa globalisasi tidak hanya memberikan manfaat, tetapi juga tantangan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah persaingan global yang semakin ketat. Produsen lokal harus bersaing dengan produk impor yang seringkali lebih murah dan memiliki kualitas yang baik.

Pengertian Globalisasi

Menurut asal katanya, kata “GLOBALISASI” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal.
Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak maupun elektronik.

Baca Juga :   10+ Manfaat Membaca Karya Sastra

Ada pula yang mengatakan globalisasi yaitu sebagai berikut :
1. hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.
2. suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.

(Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005) Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Pengaruh globalisasi

Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

  1. Perdagangan Bebas: Globalisasi telah membuka pintu bagi perdagangan bebas antar negara. Hal ini memberikan peluang yang lebih luas bagi perusahaan untuk mengekspor produk mereka ke pasar internasional.
  2. Peningkatan Persaingan: Dalam era globalisasi, persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Mereka harus berkompetisi dengan perusahaan dari seluruh dunia untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.
  3. Peningkatan Investasi Asing: Globalisasi juga memberikan kesempatan bagi negara-negara untuk mendapatkan investasi asing yang lebih besar. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru yang pada akhirnya meningkatkan ekonomi internasional secara bersama sama.
  4. Pemindahan Tenaga Kerja: Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah pemindahan tenaga kerja. Banyak perusahaan yang memindahkan produksi mereka ke negara-negara dengan biaya tenaga kerja yang lebih murah.
  5. Pengaruh Budaya: Globalisasi juga membawa pengaruh budaya yang signifikan. Kita dapat dengan mudah mengakses dan mengadopsi budaya dari negara lain melalui media sosial dan teknologi komunikasi lainnya.
  6. Perubahan Gaya Hidup: Dalam era globalisasi, gaya hidup masyarakat juga mengalami perubahan. Kita menjadi lebih terbuka terhadap gaya hidup dan tren dari negara lain.
  7. Peningkatan Mobilitas: Globalisasi telah memudahkan mobilitas manusia. Kita dapat dengan mudah bepergian ke negara lain untuk bekerja, berlibur, atau belajar.
  8. Pengurangan Kemiskinan: Globalisasi dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan di negara-negara berkembang dengan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan akses terhadap pasar internasional.
  9. Peningkatan Teknologi: Globalisasi juga telah mendorong perkembangan teknologi. Kita dapat dengan mudah mengakses teknologi terbaru dari negara lain dan memanfaatkannya untuk kepentingan kita.
  10. Peningkatan Kesadaran Lingkungan: Melalui globalisasi, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga semakin meningkat. Kita dapat belajar dari praktik-praktik ramah lingkungan di negara lain dan mengadopsinya di negara kita.
  11. Pengaruh Politik: Globalisasi juga memiliki pengaruh yang signifikan dalam politik. Negara-negara harus bekerja sama dalam menghadapi masalah-masalah global seperti perubahan iklim dan terorisme.
  12. Peningkatan Kualitas Pendidikan: Globalisasi membawa dampak positif dalam bidang pendidikan. Kita dapat belajar dari sistem pendidikan yang lebih baik di negara lain dan meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita.
  13. Peningkatan Kesempatan Karir: Dalam era globalisasi, kesempatan karir juga semakin luas. Kita dapat bekerja di perusahaan multinasional dan memiliki kesempatan untuk berkarir di luar negeri.
  14. Peningkatan Akses Informasi: Globalisasi telah membuka akses informasi yang lebih luas. Kita dapat dengan mudah mengakses berita dan informasi dari seluruh dunia melalui internet dan media sosial.
  15. Peningkatan Kerjasama Internasional: Globalisasi mendorong kerjasama internasional dalam berbagai bidang seperti perdagangan, politik, dan budaya.
  16. Peningkatan Kesadaran Kesehatan: Melalui globalisasi, kesadaran akan pentingnya kesehatan juga semakin meningkat. Kita dapat belajar dari praktik-praktik kesehatan yang lebih baik di negara lain dan mengadopsinya di negara kita.
  17. Peningkatan Standar Hidup: Globalisasi dapat meningkatkan standar hidup masyarakat dengan membawa teknologi dan produk-produk baru yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari.
  18. Peningkatan Keragaman Budaya: Globalisasi juga membawa keragaman budaya yang lebih luas. Kita dapat belajar dan menghargai budaya dari negara lain, dan memperkaya budaya kita sendiri.
  19. Peningkatan Koneksi Antar Individu: Globalisasi telah memperkuat koneksi antar individu di seluruh dunia. Kita dapat dengan mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara.
  20. Peningkatan Inovasi: Globalisasi mendorong inovasi dalam berbagai bidang. Kita dapat belajar dari inovasi yang dilakukan oleh negara lain dan menerapkannya di negara kita.
Baca Juga :   Pengertian dan Ciri-Ciri Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa

Dampak positif globalisasi

– Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
– Mudah melakukan komunikasi
– Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
– Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
– Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
– Mudah memenuhi kebutuhan

Dampak negatif globalisasi

– Informasi yang tidak tersaring.
– Membuat tidak kreatif, karna prilaku konsumtif.
– Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit.
– Banyak meniru perilaku yang buruk.
– Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara.

Jadi adanya kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Dampak-dampak pengaruh globalisasi tersebut kita kembalikan kepada diri kita sendiri sebagai generasi muda Indonesia agar tetap menjaga etika dan budaya, agar kita tidak terkena dampak negatif dari globalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *