Cara Memperbaiki Unable to Load the Requested File pada Codeigniter Cara Memperbaiki Unable to Load the Requested File pada Codeigniter

Cara Memperbaiki Unable to Load the Requested File pada Codeigniter

Assalamualaikum teman-teman, selamat datang kembali di blog yang sederhana ini. Kali ini kita akan membahas mengenai error yang terjadi pada Framework Codeigniter. Error yang akan kita bahas di sini adalah “unable to load the requested file”.

Terkadang pengguna Codeigniter mengalami masalah yang umum dikenal dengan pesan error “Unable to Load the Requested File”.

Masalah ini dapat terjadi ketika Codeigniter tidak dapat menemukan file yang diminta oleh pengguna.

Pengalaman Memperbaiki Unable to Load the Requested File

Beberapa waktu lalu, ada teman di grup Facebook yang bertanya tentang masalah upload file website ke hosting yang mengalami error. Saat itu, saya bersedia membantunya dengan memberikan hosting saya untuk mengupload webnya.

Saya meminta filenya agar bisa saya upload ke hosting dan melakukan konfigurasinya. Namun, hasilnya sangat mengejutkan, karena muncul error dengan pesan “unable to load the requested file: templates/header.php”.

Saya langsung menuju ke file error yang ditunjuk, namun saya tidak melihat adanya error. Saya mencari cara untuk memperbaikinya melalui mesin pencari.

Saya telah membaca banyak website, namun tidak ada yang berhasil atau mungkin saya kurang memahaminya karena semuanya menggunakan bahasa Inggris. Namun, saya tidak menyerah begitu saja.

Saya mencari bantuan dari ahli penyedia layanan hosting, dan saya bertanya di mana kesalahannya. Ketika customer service provider melihat error tersebut, ia mencoba untuk melihatnya dan setelah waktu yang cukup lama, akhirnya ia mengatakan bahwa ia belum menemukan kesalahan.

Baca Juga :   Metode Bisection adalah: Kelebihan, Kekurangan dan Contoh Program

Pada akhirnya, customer service tersebut menyatakan bahwa kesalahannya sepele, bukan pada listing scriptnya, melainkan pada ketidaksesuaian nama file dengan nama file yang dipanggil. Dalam kasus ini, errornya adalah “unable to load the requested file: templates/header.php”.

Dimana pada bagian pemanggilannya di controller, dipanggil dengan nama “header“, sedangkan nama sebenarnya adalah “Header” dengan huruf besar di awal, sehingga terjadi error “unable to load the requested file: templates/header.php”, artinya file header.php tidak ada karena yang ada adalah Header.php.

Jadi, jika teman-teman mengalami error seperti “unable to load the requested file: templates/header.php”, maka ubahlah nama file “Header.php” menjadi “header.php” dan sebaliknya, begitu juga dengan file-file yang lain.

Cara kerjanya sama, atau bisa juga mengubah bagian pemanggilannya. Misalnya, dalam kasus ini, error “unable to load the requested file: templates/header.php” memiliki pemanggilan di folder application/core/MY_controller.php yang memiliki listing:

<?php 
if (!defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class MY_Controller extends CI_Controller{
	function render_page($content, $data = NULL) {
		$data['header'] = $this->load->view('template/header', $data, TRUE);
		$data['isi'] = $this->load->view($content, $data, TRUE);
		$data['footer'] = $this->load->view('template/footer', $data, TRUE);
		$this->load->view('template/main', $data);
	}
}
?>


Anda bisa mengubah pemanggilannya dengan nama file yang benar. Jika nama file huruf besar, maka ubahlah menjadi huruf besar begitupun sebaliknya.

Ini adalah kesalahan sederhana, namun sangat fatal. Bisa saja kita mengoreksi listing program jika pemanggilannya salah, sehingga akan terjadi error.

Bagi teman-teman yang menggunakan Framework Codeigniter, perhatikan hal-hal berikut:

  1. Mengubah base_url pada file config.php agar base_url disesuaikan dengan URL websitenya. Banyak yang mengabaikan ini saat beralih dari localhost ke hosting, yang dapat membuat web berantakan.
  2. Memperhatikan dengan seksama antara nama file dengan script pemanggilannya. Jangan sampai nama file huruf besar, tetapi yang dipanggil huruf kecil.
  3. Menyesuaikan dengan database.
Baca Juga :   Membuat Rumah Menggunakan C++ OpenGL

Penyebab Umum “Unable to Load the Requested File”

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan munculnya pesan error “Unable to Load the Requested File” pada Codeigniter:

  1. File yang diminta tidak ada atau terhapus.
  2. Kesalahan penulisan nama file atau path yang salah.
  3. File yang diminta berada di luar folder yang diizinkan oleh Codeigniter.

Cara Memperbaiki Unable to Load the Requested File

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah “Unable to Load the Requested File” pada Codeigniter:

1. Periksa Keberadaan File

Pastikan file yang diminta ada dalam direktori yang benar. Periksa kembali nama file dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan.

Jika file tersebut tidak ada, Anda perlu memastikan bahwa file tersebut ada di direktori yang benar atau mengembalikan file yang hilang.

2. Periksa Nama File dan Path

Periksa kembali penulisan nama file dan path yang digunakan. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan seperti huruf kapital yang salah atau karakter yang hilang.

Jika perlu, dapat mencoba menggunakan path absolut untuk memastikan Codeigniter dapat menemukan file yang diminta.

3. Periksa Konfigurasi Codeigniter

Periksa file konfigurasi Codeigniter (application/config/config.php) dan pastikan konfigurasi base_url telah diatur dengan benar.

Base_url digunakan oleh Codeigniter untuk mengarahkan ke direktori root aplikasi. Jika konfigurasi base_url tidak benar, Codeigniter mungkin tidak dapat menemukan file yang diminta.

4. Periksa Izin Akses Folder

Periksa izin akses folder yang berisi file yang diminta. Pastikan folder tersebut memiliki izin yang memadai untuk diakses oleh Codeigniter.

Izin akses yang salah dapat menyebabkan Codeigniter tidak dapat membaca file yang diminta.

5. Gunakan Fungsi Load yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan fungsi load yang tepat saat memuat file pada Codeigniter.

Baca Juga :   Cara Install Laravel di Localhost Xampp

Codeigniter menyediakan beberapa fungsi load yang berbeda, seperti load->view() untuk memuat file view, load->model() untuk memuat file model, dan load->library() untuk memuat file library.

Pastikan Anda menggunakan fungsi load yang sesuai dengan jenis file yang ingin Anda muat.

Itulah cara mengatasi error “unable to load the requested file” pada Codeigniter. Untuk selanjutnya, selalu berhati-hati dan perhatikan setiap baris program serta sesuaikan pemanggilan setiap program. Semoga artikel ini dapat membantu.

  1. Saya mecoba follw blogmu, dan menemukan artikel kamu tetap artiel lama. Mugkin bisa dicek lewat pemberitahuanaan akun yang ada disudut kanan atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *