Pemrograman Pemrograman

Membuat Persegi Panjang, Segitiga, dan Persegi dengan Java

Membuat Persegi Panjang, Segitiga, Dan Persegi dengan Java – Assalamualaikum wr.wb kembali lagi bersama saya, dan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang java swing, salam bisyaaa, salam semangat.

Program ini digunakan untuk membuat objek dengan pemrograman java yaitu objek persegi, segitiga, dan persegi panjang.

Sekilas tentang Java

Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang platform-independent, yang berarti kode yang ditulis dalam Java dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS, dan Linux.

Selain itu, Java juga digunakan secara luas dalam pengembangan aplikasi perangkat lunak, baik itu aplikasi desktop, aplikasi web, atau bahkan aplikasi mobile.

Java dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang mudah dipahami, portable, dan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang kompleks.

Persegi Panjang, Segitiga, dan Persegi dengan Java Swing

Java Swing adalah salah satu bagian dari Java Development Kit (JDK) yang digunakan untuk membuat antarmuka pengguna (user interface) dalam aplikasi Java. Java Swing menyediakan berbagai komponen GUI (Graphical User Interface) yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang menarik dan interaktif.

Ada banyak komponen Java Swing yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi. Beberapa komponen populer termasuk:

  1. JFrame: Digunakan untuk membuat jendela aplikasi utama.
  2. JPanel: Digunakan untuk mengatur tata letak komponen dalam jendela.
  3. JButton: Digunakan untuk membuat tombol yang dapat diklik oleh pengguna.
  4. JLabel: Digunakan untuk menampilkan teks atau gambar.
  5. JTextField: Digunakan untuk menerima input teks dari pengguna.
  6. JCheckBox: Digunakan untuk membuat pilihan yang dapat dicentang atau tidak.
  7. JRadioButton: Digunakan untuk membuat pilihan yang hanya dapat dipilih satu dari beberapa pilihan.
Baca Juga :   Deteksi Warna RGB Menggunakan Matlab Secara Realtime

Berikut contoh Coding java swing.

import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;

public class FormUtama extends JFrame {

    public FormUtama() {
        // Mengatur judul frame
        setTitle("Aplikasi Perhitungan");

        JMenuBar menuBar = new JMenuBar();

        JMenu menuPilihan = new JMenu("Menu");
        menuPilihan.setMnemonic(KeyEvent.VK_M);
        menuBar.add(menuPilihan);

        JMenu menuLuas = new JMenu("Luas");
        menuLuas.setMnemonic(KeyEvent.VK_L);
        menuPilihan.add(menuLuas);

        JMenu menuKeliling = new JMenu("Keliling");
        menuKeliling.setMnemonic(KeyEvent.VK_K);
        menuPilihan.add(menuKeliling);

        JMenuItem menuLP = new JMenuItem("Persegi");
        menuLuas.add(menuLP);
        menuLP.addActionListener(new ActionListener() {
            public void actionPerformed(ActionEvent ae) {
                LuasPersegi lp = new LuasPersegi();
                lp.setVisible(true);
            }
        });

        JMenuItem menuLPP = new JMenuItem("Persegi Panjang");
        menuLuas.add(menuLPP);

        JMenuItem menuLS = new JMenuItem("Segitiga");
        menuLuas.add(menuLS);

        JMenuItem menuKP = new JMenuItem("Persegi");
        menuKeliling.add(menuKP);

        JMenuItem menuKPP = new JMenuItem("Persegi Panjang");
        menuKeliling.add(menuKPP);

        JMenuItem menuKS = new JMenuItem("Segitiga");
        menuKeliling.add(menuKS);

        // Menempelkan menu bar ke frame
        setJMenuBar(menuBar);

        // Mengatur penutup default, sehingga aplikasi berhenti saat menutup window
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        setSize(400, 360);
        setLocationRelativeTo(null); // Menempatkan frame di tengah layar
    }

    public static void main(String[] args) {
        SwingUtilities.invokeLater(() -> {
            FormUtama frm = new FormUtama();
            frm.setVisible(true);
        });
    }
}

Kode diatas belumlah lengkap, seperti untuk perhitungan luas masih kosong, jadi silahkan kalian kreasikan sendiri sesuai kebutuhan.

Membuat Persegi Panjang dengan Java

Persegi panjang adalah salah satu bentuk bangun datar yang sering digunakan dalam pemrograman.

Untuk membuat persegi panjang dengan Java, kita perlu menggunakan beberapa variabel dan operasi matematika sederhana.


public class PersegiPanjang {
    public static void main(String[] args) {
        int panjang = 5;
        int lebar = 3;
        int luas = panjang * lebar;
        int keliling = 2 * (panjang + lebar);
        
        System.out.println("Luas persegi panjang: " + luas);
        System.out.println("Keliling persegi panjang: " + keliling);
    }
}

Pada contoh di atas, kita mendefinisikan variabel panjang dan lebar dengan nilai masing-masing 5 dan 3.

Kemudian, kita menghitung luas dengan mengalikan panjang dan lebar, serta keliling dengan menggunakan rumus 2 * (panjang + lebar). Hasilnya kemudian ditampilkan menggunakan System.out.println.

Membuat Segitiga dengan Java

Segitiga adalah bangun datar dengan tiga sisi. Untuk membuat segitiga dengan Java, kita perlu menggunakan perulangan dan beberapa variabel untuk mengendalikan jumlah baris dan karakter yang ditampilkan.


public class Segitiga {
    public static void main(String[] args) {
        int tinggi = 5;
        
        for (int i = 1; i <= tinggi; i++) {
            for (int j = 1; j <= i; j++) {
                System.out.print("* ");
            }
            System.out.println();
        }
    }
}

Pada contoh di atas, kita mendefinisikan variabel tinggi dengan nilai 5. Kemudian, kita menggunakan perulangan for untuk mengendalikan jumlah baris yang akan ditampilkan.

Baca Juga :   Cara Menjalankan Program Java Melalui CMD

Di dalam perulangan tersebut, kita menggunakan perulangan lagi untuk mencetak karakter “*” sebanyak nilai dari i. Setelah mencetak karakter di setiap baris, kita menggunakan System.out.println() untuk pindah ke baris baru.

Membuat Persegi dengan Java

Persegi adalah bangun datar dengan empat sisi yang memiliki panjang yang sama. Untuk membuat persegi dengan Java, kita dapat menggunakan perulangan dan beberapa variabel untuk mengendalikan jumlah baris dan karakter yang ditampilkan.


public class Persegi {
    public static void main(String[] args) {
        int sisi = 5;
        
        for (int i = 1; i <= sisi; i++) {
            for (int j = 1; j <= sisi; j++) {
                System.out.print("* ");
            }
            System.out.println();
        }
    }
}

Pada contoh di atas, kita mendefinisikan variabel sisi dengan nilai 5. Kemudian, kita menggunakan perulangan for untuk mengendalikan jumlah baris yang akan ditampilkan.

Di dalam perulangan tersebut, kita menggunakan perulangan lagi untuk mencetak karakter “*” sebanyak nilai dari sisi. Setelah mencetak karakter di setiap baris, kita menggunakan System.out.println() untuk pindah ke baris baru.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat persegi panjang, segitiga, dan persegi dengan Java. Kamu bisa mencoba mengubah nilai variabel-variabel yang ada untuk melihat hasil yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *