Daftar Lagu Jepang Enak Terbaik dan Populer Daftar Lagu Jepang Enak Terbaik dan Populer

100+ Daftar Lagu Jepang Enak Terbaik dan Populer

Kamu suka lagu Jepang? Sering mencari lagu Jepang enak untuk didengar? Ya mungkin kita sama. Saya sudah lama menyukai lagu lagu jepang sejak saya SMA dulu. Dulunya saya suka lagu lagu dari Ikimonogakari dan Yui. Saya tertarik karena penyanyinya cantik cantik, secara otomatis tentu lagu yang saya dengarin dinyanyikan oleh grup band perempuan atau penyanyi perempuan. Walapun saya suka lagu lagu dari Jepang, tapi saya bukan wibu teman teman karena saya tidak terlalu suka dan mengerti tentang anime. So, saya suka karena memang suka band atau penyanyi serta lagu jepang yang enak untuk didengar.

Tentu setiap orang punya alasan tertentu mengapa ia suka dengan lagu lagu Jepang. Misalnya karena suka dengan serial anime dan lain lain.

Tapi anggapan menyukai sesuatu tentang jepang bukanlah langsung disebut wibu. Wibu hanya untuk mereka yang terlalu berlebihan dengan kebudayaan Jepang teman teman, so walaupun suka anime belum tentu disebut wibu.

Baiklah teman teman, pada artikel ini saya akan membuat daftar lagu Jepang yang enak didengar. Daftar ini tentu sangat beda dengan yang ada diluar sana, sebab daftar ini saya ambil sesuai dengan kesukaan saya dan bukan kesukaan orang lain.

Daftar lagu jepang terbaik sepanjang masa yang enak didengar semoga bisa menghibur teman teman semua. Jika punya list lagu favoritmu yang belum masuk di artikel ini jangan lupa beritahu di kolom komentar ya biar admin tambahkan biar semua orang bisa menikmatinya.

Daftar Isi

Daftar Lagu Jepang Enak Didengar Bikin Baper

Tentunya lagu lagu yang enak dan indah akan membuat baper para pendengarnya. Semoga saja lagu yang ada di list ini membuat teman teman jadi baper dan suka lagunya. Langsung saja berikut ini daftar lagu jepang terbaik enak didengar populer sepanjang masa. Launya langsung bersumber dari youtube dan Spotify sehingga mudah untuk di tonton

Mayumi Itsuwa – Amayadori” (雨やどり)

Lagu pertama dari Mayumi Itsuwa yang sangat cocok untuk mengenang kisah kisah kalian. Lagu ini juga mudah dopelajari karena dinyanyikan dengan nada yang lambat atau slow.

Keyakizaka46 – Futari Saison

Keyakizaka46 adalah grup band perempuan asal jepang. Grup ini di dirikan pada tahun 2015 teman teman. Lagu ini berkisah tentang jatuh cinta apad musim semi yang indah. Penasaran bagaimana lagunya? Yuk dengarin berikut ini.

Baca Juga :   TravelBlog.id: Tempat Berbagi dan Mencari Informasi Travelling

Perfume – Sweet Refrain

Lagu selanjutnya dari grup Perfume teman teman. Grup band Perfume mempopulerkan lagunya lewat chanel Youtube milik mereka sendri teman teman. Grup musik ini memiliki tiga member yang cantik cantik siap menghibur kita semua. Penasaran lagunya yuk dengarin berikut ini.

Perfume「不自然なガール」

List lagu jepang enak selanjutnya masih dari penynayi Perfume teman teman. Lagu ini sangat enak didengar dengan musik teknopopnya yang keren dan membuat kita semangat. Biar tidak makin penasaran yuk putarin lagunya teman teman.

Mayumi Itsuwa – Kokoro No Tomo

Lagu enak selanjutnya yang bagus dari Mayumi, termasuk lagu yang legendaris nih. Daripada penasaran langsung saja dengarin lagunya.

乃木坂46 (Nogizaka46) – 第幾次的藍天?

Maih dari lagu grup band Nogizaka46 yang berjudul the great star. Entah itu benar judulnya tapi yang penting enak banget untuk didengarkan teman teman. Biar tidak semakin penasaran yuk coba dengarin lagunya dibawah ini.

乃木坂46 (Nogizaka46) – 此刻

Daftar lagu jepang terbaik selanjunya masih dari grup band Nogizaka46 teman teman. Entah mengapa saya suka sama band ini. Pokoknya enak banget untuk didengar. Judulnya saya tidak tau teman teman sebab tulisnnya jepang smua yang mana apanjang lagi. Biar tidak penasaran langsung saja yuk dengarin lagunya

乃木坂46 ( Nogizaka46) -『Sing Out』

Lagu enak selanjutnya berjudul Sing out dan dari grup Nogizaka46. Lagu yang satu ini memang sudah populer jadi tidak asing lagi ditelinga para pecinta lagu lagu jepang. Biar tidak tambah penasaran yuk putarin lagunya berikut ini.

Perfume -「FLASH」

Lagu jeang enak selanjunta yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecita musik jepang adalah lagu berjudul Flash yang dinyanyikan oleh grup band Perfume. Yuk cobain dengarin lagunya teman teman.

ラブラドール・レトリバー / AKB48[公式] – Labrador Retriever

Lagu enak selanjutnya yang gak boleh dilewatkan oleh pecinta lagu lagu jepang adalah Labrador Retriever. Lagu ini dinyanyikan oleh grup band bernama AKB48 dari jepang teman teman. Daripada jadi penasaran yuk dengarin seperti apa merdunya lagu ini.

ヘビーローテーション / AKB48 [公式]

Lanjut ke lagu berikutnya yang enak didengar dan masih berasal dari grup band AKB48. Lagu ini bikin semangat dan baper kalau didengarin teman teman. Langsung saja dengarin seperti apa asyiknya lagu yang satu ini.

Everyday、カチューシャ / AKB48[公式]

Lagu yang berjudul Everyday ini dinyanyikan oleh grup band Jepang yang bernama AKB48 dan sangat enak untuk didengarin dan dijadikan list musik. Berikut ini lagu Akb48 yang berjudul Everyday.

Keyakizaka46 – Fukyouwaon

Lagu enak dari jepang yang bergenre teknopop cocok banget didengarin kala bosan teman teman. Penasaran seperti apa lagunya yuk dengarin.

Ikimonogakari – Last Scene (ラストシーン)

Siapa sih yang tidak kenal nama Ikimongakari, ya kali ini lagu terbaik yang enak didengar berasal dari penyanyi Ikimonogakari. Penyayi ini sudah saya suka sejak lama teman teman. Nah yuk putarin lagunya.

Ikimono gakari – Blue Bird

Maih dari ikimonogakari ih teman teman. Lagu yang berjudul Blue bird ini sangat enak didengarin teman teman. Lagu ini juga sangat populer dikalangan penikmat lagu lagu jepang. Selain itu lagu ini juga populer karena menjadi soundtrack anime.

Tokyo Bon 東京盆踊り- (MakuDonarudo)

Lagu yang satu ini menceritakan kisah orang asing yang pergi ke Jepang, namun tidak mengerti bahasa Jepang. Jadi inti lagu ini adalah beajar bahasa Jepang. Yuk dengarin lagunya sob biar makin hepi kita.

Nah kalau yang tertarik dengan versi dancenya bisa liat video dibawah ini. Video ini khusus dancenya aja sih bukan video klipnya dan isinya semua hanya lagu beda dengan yang diatas.

Perfume -「Dream Fighter」

Lagu yang satu ini ngbit teman teman. Cocok banget didengarin kalau lagi bosan. Juga cocok didengarin ketika sedang berpergian atau jalan jalan. Penasaran seperti apa musiknya yuk dengarin dibawah ini.

奏(かなで) [Kanade] – Sukima Switch

Lagu yang mengisahkan tentang percintaan teman teman. Lagu ini adalah lagu santai yang bikin pendengarnya jadi baper. Penasaran seperti apa lagunya yuk dengarin.

【繁中字幕】7!! – オレンジ (Orenji)

Lagu yang berjudul Orenji ini sudah sangat populer teman teman. Lagu ini juga menjadi salah satu soundtrack anime sehigga dikalangan pecinta musik jepang sudah sangat tidak asing lagi.

あの花×secret base~君がくれたもの~

Lagu enak selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan oleh para penikmat lagu lagu jepang. Lagu ini santai dan enak didengarin dikala santai dan sendiri teman teman. Daripada membuat penasaran yuk langsung saja putarin lagunya.

50 Daftar Lagu Jepang Populer Sepanjang Masa

Berikut ini adalah daftar lagu jepang terbaik sepanjang masa, saya ambil daftarnya dari berbagai sumber, semoga bisa menghibur.

1. Kimi no Na wa – Radwimps

“Kimi no Na wa” adalah soundtrack dari film anime yang sangat populer dengan judul yang sama. Lagu ini berhasil mencuri perhatian banyak orang dan menjadi salah satu lagu Jepang yang paling populer sepanjang masa.

Baca Juga :   Apakah Pacar Saya Selingkuh? Lihat Ciri-cirinya

2. Heavy Rotation – AKB48

AKB48 adalah grup idola Jepang yang sangat terkenal. Lagu “Heavy Rotation” menjadi salah satu lagu terbaik mereka dan berhasil mendapatkan popularitas yang besar di Jepang.

3. Uchiage Hanabi – Daoko x Kenshi Yonezu

“Uchiage Hanabi” adalah lagu kolaborasi antara Daoko dan Kenshi Yonezu. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai soundtrack dalam film anime “Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka?”.

4. Lemon – Kenshi Yonezu

“Lemon” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Kenshi Yonezu. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang menyentuh hati dan emosional.

5. Koi – Gen Hoshino

“Koi” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Gen Hoshino. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai soundtrack dalam drama Jepang yang berjudul “Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu”.

6. Blue Bird – Ikimono Gakari

“Blue Bird” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Ikimono Gakari. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Naruto Shippuden”.

7. Gurenge – LiSA

“Gurenge” adalah lagu yang dinyanyikan oleh LiSA. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Kimetsu no Yaiba”.

8. Pretender – Official HIGE DANDism

“Pretender” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Official HIGE DANDism. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang indah dan lirik yang emosional.

9. Paprika – Foorin

“Paprika” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Foorin. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai theme song dalam iklan makanan di Jepang.

10. Sekai ni Hitotsu Dake no Hana – SMAP

“Sekai ni Hitotsu Dake no Hana” adalah lagu yang dinyanyikan oleh SMAP. Lagu ini menjadi sangat populer karena pesan yang disampaikannya tentang keunikan dan keberagaman.

11. Zenzenzense – Radwimps

“Zenzenzense” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Radwimps. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai soundtrack dalam film anime “Kimi no Na wa”.

12. Harukaze – Scandal

“Harukaze” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Scandal. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai ending theme song dalam anime “Bleach”.

13. Namida no Furusato – Hikawa Kiyoshi

“Namida no Furusato” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Hikawa Kiyoshi. Lagu ini menjadi sangat populer karena menggambarkan kerinduan seseorang terhadap kampung halaman.

14. Aoi Shiori – Galileo Galilei

“Aoi Shiori” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Galileo Galilei. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai”.

15. Kiseki – GReeeeN

“Kiseki” adalah lagu yang dinyanyikan oleh GReeeeN. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang inspiratif dan menyentuh hati.

16. Hikarunara – Goose house

“Hikarunara” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Goose house. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Your Lie in April”.

17. Yuki no Hana – Mika Nakashima

“Yuki no Hana” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Mika Nakashima. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang indah dan melodi yang menenangkan.

18. Love Story – Namie Amuro

“Love Story” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Namie Amuro. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang catchy dan lirik yang romantis.

19. Hero’s Come Back!! – Nobodyknows+

“Hero’s Come Back!!” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Nobodyknows+. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Naruto Shippuden”.

20. Sakura – Naotaro Moriyama

“Sakura” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Naotaro Moriyama. Lagu ini menjadi sangat populer karena menggambarkan keindahan bunga sakura dan musim semi di Jepang.

21. Tokyo – YUI

“Tokyo” adalah lagu yang dinyanyikan oleh YUI. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang menggambarkan kehidupan di kota Tokyo.

22. Dango Daikazoku – Chata

“Dango Daikazoku” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Chata. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai ending theme song dalam anime “Clannad”.

23. Hana wa Saku – Various Artists

“Hana wa Saku” adalah lagu yang dinyanyikan oleh berbagai artis Jepang. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang indah dan lirik yang menginspirasi.

24. Sekai ni wa Ai Shika Nai – Nogizaka46

“Sekai ni wa Ai Shika Nai” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Nogizaka46. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang menggambarkan cinta sebagai satu-satunya hal yang ada di dunia ini.

25. Koi – Gen Hoshino

“Koi” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Gen Hoshino. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang menggambarkan perasaan seseorang yang jatuh cinta.

Baca Juga :   10+ Permainan Anak Milenial yang Masih Eksis Sampai Sekarang

26. Hanabi – Mr.Children

“Hanabi” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Mr.Children. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang indah dan lirik yang emosional.

27. Hikari – Utada Hikaru

“Hikari” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Utada Hikaru. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai theme song dalam game “Kingdom Hearts”.

28. Koi – Hoshino Gen

“Koi” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Hoshino Gen. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang catchy dan lirik yang romantis.

29. Suki to Iwasetai – IZ*ONE

“Suki to Iwasetai” adalah lagu yang dinyanyikan oleh IZ*ONE. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang ceria dan lirik yang manis.

30. Koi – Hoshino Gen

“Koi” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Hoshino Gen. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang catchy dan lirik yang romantis.

31. Lemon – Kenshi Yonezu

“Lemon” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Kenshi Yonezu. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang menyentuh hati dan emosional.

32. Heavy Rotation – AKB48

AKB48 adalah grup idola Jepang yang sangat terkenal. Lagu “Heavy Rotation” menjadi salah satu lagu terbaik mereka dan berhasil mendapatkan popularitas yang besar di Jepang.

33. Uchiage Hanabi – Daoko x Kenshi Yonezu

“Uchiage Hanabi” adalah lagu kolaborasi antara Daoko dan Kenshi Yonezu. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai soundtrack dalam film anime “Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka?”.

34. Blue Bird – Ikimono Gakari

“Blue Bird” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Ikimono Gakari. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Naruto Shippuden”.

35. Harukaze – Scandal

“Harukaze” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Scandal. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai ending theme song dalam anime “Bleach”.

36. Gurenge – LiSA

“Gurenge” adalah lagu yang dinyanyikan oleh LiSA. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Kimetsu no Yaiba”.

37. Pretender – Official HIGE DANDism

“Pretender” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Official HIGE DANDism. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang indah dan lirik yang emosional.

38. Paprika – Foorin

“Paprika” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Foorin. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai theme song dalam iklan makanan di Jepang.

39. Sekai ni Hitotsu Dake no Hana – SMAP

“Sekai ni Hitotsu Dake no Hana” adalah lagu yang dinyanyikan oleh SMAP. Lagu ini menjadi sangat populer karena pesan yang disampaikannya tentang keunikan dan keberagaman.

40. Zenzenzense – Radwimps

“Zenzenzense” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Radwimps. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai soundtrack dalam film anime “Kimi no Na wa”.

41. Namida no Furusato – Hikawa Kiyoshi

“Namida no Furusato” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Hikawa Kiyoshi. Lagu ini menjadi sangat populer karena menggambarkan kerinduan seseorang terhadap kampung halaman.

42. Aoi Shiori – Galileo Galilei

“Aoi Shiori” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Galileo Galilei. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai”.

43. Kiseki – GReeeeN

“Kiseki” adalah lagu yang dinyanyikan oleh GReeeeN. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang inspiratif dan menyentuh hati.

44. Hikarunara – Goose house

“Hikarunara” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Goose house. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Your Lie in April”.

45. Yuki no Hana – Mika Nakashima

“Yuki no Hana” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Mika Nakashima. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang indah dan melodi yang menenangkan.

46. Love Story – Namie Amuro

“Love Story” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Namie Amuro. Lagu ini menjadi sangat populer karena melodi yang catchy dan lirik yang romantis.

47. Hero’s Come Back!! – Nobodyknows+

“Hero’s Come Back!!” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Nobodyknows+. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai opening theme song dalam anime “Naruto Shippuden”.

48. Sakura – Naotaro Moriyama

“Sakura” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Naotaro Moriyama. Lagu ini menjadi sangat populer karena menggambarkan keindahan bunga sakura dan musim semi di Jepang.

49. Tokyo – YUI

“Tokyo” adalah lagu yang dinyanyikan oleh YUI. Lagu ini menjadi sangat populer karena liriknya yang menggambarkan kehidupan di kota Tokyo.

50. Dango Daikazoku – Chata

“Dango Daikazoku” adalah lagu yang dinyanyikan oleh Chata. Lagu ini menjadi sangat populer setelah digunakan sebagai ending theme song dalam anime “Clannad”.

50 Daftar Lagu “Tumbang Kenangan” Jepang

  1. “Lemon” – Kenshi Yonezu (2018)
  2. “Sekai ni Hitotsu Dake no Hana” – SMAP (2003)
  3. “Guren no Yumiya” – Linked Horizon (2013)
  4. “Ue o Muite Arukō” (Sukiyaki) – Kyu Sakamoto (1961)
  5. “Kimi no Shiranai Monogatari” – supercell (2009)
  6. “Nandemonaiya” – RADWIMPS (2016)
  7. “Sakura” – Naotaro Moriyama (2007)
  8. “Natsu Matsuri” – Whiteberry (2000)
  9. “Sazanka” – Rimi Natsukawa (2001)
  10. “YELL” – Ikimono Gakari (2009)
  11. “Shunkashūtō” – BUMP OF CHICKEN (2007)
  12. “M” – Princess Princess (1989)
  13. “My Generation” – YUI (2007)
  14. “Ai Kotoba” – DECO*27 feat. Hatsune Miku (2012)
  15. “Ito” – Miyavi (2005)
  16. “Gurenge” – LiSA (2019)
  17. “Sayonara Janai” – SKE48 (2012)
  18. “Sora mo Toberu hazu” – Spitz (1995)
  19. “Planetarium” – Ai Otsuka (2004)
  20. “366 Nichi” – HY (2002)
  21. “RPG” – SEKAI NO OWARI (2013)
  22. “HANABI” – Mr.Children (2004)
  23. “Butterfly” – Kaela Kimura (2005)
  24. “Aitai” – MISIA (1998)
  25. “Tegami” – Angela Aki (2005)
  26. “Kimi ga Suki da to Sakebitai” – BAAD (1989)
  27. “Natsuiro” – Wagakki Band (2015)
  28. “Sore wa Yappari Kimi Deshita” – RADWIMPS (2006)
  29. “Ai no Uta” – Fukuyama Masaharu (2000)
  30. “Plastic Love” – Mariya Takeuchi (1984)
  31. “Sekai wa Koi ni Ochiteiru” – CHiCO with HoneyWorks (2014)
  32. “Pretender” – Official HIGE DANDism (2019)
  33. “Sobakasu” – JUDY AND MARY (1996)
  34. “Hikari no Shizuku” – Yuzu (2017)
  35. “Unlasting” – LiSA (2019)
  36. “Yoru ni Kakeru” – YOASOBI (2019)
  37. “Tomorrow never knows” – Mr.Children (1994)
  38. “Mōsō Express” – Nogizaka46 (2014)
  39. “Eagle and Swallow” – Aqua Timez (2007)
  40. “Best Friend” – Kiroro (1996)
  41. “Zero” – BUMP OF CHICKEN (2009)
  42. “Sakura Nagashi” – Hikaru Utada (2012)
  43. “Kokoronashi” – Majiko (2016)
  44. “Happy Ending” – back number (2016)
  45. “Snow halation” – μ’s (2010)
  46. “Puzzle” – ROUND TABLE feat. Nino (2002)
  47. “Kibou no Kakera” – Nana Kitade (2006)
  48. “Aozora no Namida” – Hitomi Takahashi (2006)
  49. “Shin Takarajima” – Sakanaction (2013)
  50. “Tsubasa wo Kudasai” – Akai Tori (1971)

Lagu lagu jepang diatas saya rangkum sendiri dan bersumber dari Youtube sehingga dengan mudah teman teman menontnnya. Jika punya list lagu yang enak jangan lupa berikan dikomentar ya biar kita tambahkan dilist artikel ini. Bagi yang ingin mednownload videonya bisa cek tutorial cara mendownload video youtube

Semoga semua para penimat lagu lagu jepang terhibur dengan list yang telah admin berikan. Jangan lupa lihat artikel enarik lainnya di blog ini yang selalu memberikan informasi menarik. Sebagai penutup admin mengucapkan terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *