Cara Mengetahui Pesan Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum Cara Mengetahui Pesan Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum

Cara Mengetahui Pesan Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum di Grup Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chating di HP yang sangat populer. Ya, rata rata diantara kita menggunakannya dalam berkomunikasi setiap harinya. Karena bentuknya yang sederhana (User Friendly) sehingga banyak orang yang suka menggunakan whatsapp.

Selain sederhana, firus chat di whatsapp bisa melakukan chating group, misalnya group aluni sekolah, group kelompok belajar, atau grup anak kost misalnya.

Ketika kita chatingan dengan seseorang, maka pesan yang kita kirimkan akan terlihat apakah sudah dibaca, atau sudah terkirim atau belum terkirim. Fitur ini biasanya langsung nampak jika kita chatingan person.

Jika pesan terkirim dan diterima oleh sipenerima, tetapi belum dibaca, maka akan ditandai dengan ceklis 2 berwarna hijau, sedangkan pesan yang sudah terbaca ditandai dengan ceklis 2 berwarna biru.

Apabila ceklis satu dan maka pesannya sudah terkirim tetapi belum sampai ke sipenerima, mungkin HP sipenerima lagi offline, dan apabila berbentuk tanda jam, berarti pesan belum terkirim atau tertunda, biasanya karena masalah jaringan atau paket data tidak ada.

Cara Mengetahui Pesan Whatsapp di Grup sudah dibaca

Bagaimana untuk mengetahui pesan kita apakah sudah terbaca atau belum di Group whatsapp?. Nah ini dia pembahasannya.

Chatingan group whatsapp berbeda dengan chatingan person biasa, jika chatingan group anggotanya banyak, sehingga cara melihat siapa saja yang sudah membaca dan sudah memerima pesan kita caranya sedikit berbeda.

Baca Juga :   Kumpulan Rumus Excel Lengkap untuk Perhitungan

Berikut ini cara melihat pesan whatsapp apakah sudah di baca atau belum di chatingan group.

1. Buka group yang ingin ada kirimi pesan.

2. Kirim pesan yang ingin anda kirimkan.

3. Klik dan tahan lama di pesan yang sudah anda kirimkan.

4. Perhatikan, ada beberapa menu muncul di bagian atas, pilih icon yang berbentuk huruf i, lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah.

6. maka akan terlihat daftar anggota grup siapa saja yang sudah membaca pesan kita, dan siapa saja yang belum membaca pesan kita.

Cara Mengetahui Pesan Whatsapp Sudah Dibaca atau Belum di Grup Whatsapp

1. Menggunakan Fitur Centang Ganda

Salah satu cara yang paling umum untuk mengetahui apakah pesan Whatsapp sudah dibaca atau belum di grup Whatsapp adalah dengan melihat fitur centang ganda.

Fitur ini menunjukkan bahwa pesan Anda telah terkirim dan diterima oleh anggota grup.

Jika melihat satu tanda centang berwarna abu-abu di bawah pesan yang dikirim, itu berarti pesan tersebut telah terkirim ke server Whatsapp.

Ketika tanda centang berubah menjadi dua tanda centang berwarna biru, itu menandakan bahwa pesan telah dibaca oleh semua anggota grup.

2. Menggunakan Fitur “Info Baca”

Whatsapp juga menyediakan fitur “Info Baca” yang memungkinkan \untuk melihat siapa saja yang telah membaca pesan di grup Whatsapp.

Caranya adalah dengan membuka pesan yang telah kirim dan kemudian mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

Pilih opsi “Info Baca” dan Anda akan melihat daftar anggota grup yang telah membaca pesan tersebut.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan dan siapa yang belum.

Baca Juga :   10+ Cara Komentar Live Tiktok Dibacakan Oleh Google

Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana ingin memastikan bahwa semua anggota grup telah membaca pesan penting yang dikirim.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan Whatsapp, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu mengetahui apakah pesan Whatsapp sudah dibaca atau belum di grup Whatsapp.

Beberapa aplikasi ini bahkan dapat memberikan notifikasi secara real-time ketika pesan Anda telah dibaca oleh anggota grup.

Anda dapat mencari aplikasi seperti “Whatsapp Read Receipts” atau “Whatsapp Tracker” di toko aplikasi ponsel.

Pastikan untuk membaca ulasan pengguna sebelum mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut untuk memastikan keamanan dan kualitasnya.

4. Mengirim Pesan Langsung kepada Anggota Grup

Jika ingin dengan cepat mengetahui apakah pesan Whatsapp sudah dibaca atau belum di grup Whatsapp, Anda dapat mengirim pesan langsung kepada anggota grup tersebut.

Anda dapat meminta konfirmasi dari masing-masing anggota grup apakah mereka sudah membaca pesan Anda atau belum.

Hal ini mungkin tidak praktis jika anggota grup terlalu banyak, tetapi dapat menjadi solusi yang efektif jika hanya ingin mengetahui status baca pesan dari beberapa orang saja.

5. Menggunakan Fitur “Laporan Pesan Spam”

Jika mengirim pesan ke grup Whatsapp dan tidak melihat centang ganda atau info baca, ada kemungkinan pesan dianggap sebagai spam oleh anggota grup.

Dalam hal ini, dapat menggunakan fitur “Laporan Pesan Spam” untuk mengirim laporan kepada Whatsapp.

Caranya adalah dengan membuka pesan yang telah Anda kirim, mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar, dan memilih opsi “Laporan Pesan Spam”. Whatsapp akan memeriksa pesan tersebut dan mengambil tindakan jika memang terbukti sebagai pesan spam.

Baca Juga :   Cara Mengganti Bahasa Hero Mobile Legends ke Bahasa Jepang

Nah itulah dia cara mengetahui apakah pesan kita sudah terbaca atau belum di aplikasi whatsapp.Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke sosial media kamu.  Semoga artikel ini sangat bermanfaat buat teman teman pemaba semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *