Cara Install Laravel di Localhost Xampp Cara Install Laravel di Localhost Xampp

Cara Install Laravel di Localhost Xampp

Laravel merupakan salah satu kerangka kerja siap pakai untuk pengembangan website. Sebelum membuat proyek laravel, tentu harus mengetahui cara install laravel terlebih dahulu.

Laravel adalah framework PHP yang dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan.

Untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu.

MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi (dilansir dari idcloudhost).

Jadi laravel adalah sebuah framework. Framework disebut juga dengan kerangka kerja, dimana telah tersedianya model sebuah website dan kita tinggal mengubah dan mengembangkan sesuai tujuan dan minat kita. Laravel ditulis dalam PHP.

Bagi teman teman yang ingin mengembangkan website, laravel adalah salah satu pilihan yang tepat. Laravel didukung dengan keamanan yang bagus dan fitur fitur yang lengkap.

Kendati demikian, agar lebih memudahkan dalam penguasaan laravel, sebaiknya kita setidaknya sudah memahami tentang PHP dan OOP pada PHP, serta perintah database.

Instalasi Laravel dengan Mudah

Baiklah, adapun cara menginstal laravel di localhost xampp sangatlah mudah.

1. Download terlebih dahulu aplikasi Composer, anda bisa download melalui link ini. Lalu instal Composer seperti biasa menginstal aplikasi lain sampai selesai

2. Buka cmd, lalu tulis composer, selanjutnya klik enter, maka akan tampil command line composer seperti berikut.

Baca Juga :   Membuat Emoticon Sedih Menggunakan C++ OpenGL

3. Selanjutnya masuk ke folder xampp\htdocs dengan perintah cd xampp\htdocs. Sebelumnya anda sudah di folder c, jika masih di folder c:\\Windows\User, silahkan keluar dengan perintah “cd..” tanpa tanda kutip.

4. Langkah selanjutnya adalah tulis perintah berikut :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel Laravel

Lalu tekan enter, tunggu hingga proses download selesai. Kata Laravel pada baris terakhir bisa diubah sesuai keinginan anda, misal Web Saya

Waktu mendownload mungkin membutuhkan waktu yang lama, tergantung kecepatan akses internet kamu. Tidak perlu diliatin terus, bisa ditinggal youtuban atau ngopi. Jika sudah selesai, anda bisa melihat hasilnya di xampp\htdocs

Bagi yang tidak ingin cara diatas, anda bisa langsung download modul laravel dalam format zip melalui link ini. Selanjutnya ekstrak lalu tempatkan difolder xampp\localhost.

Cara Install Laravel di Localhost Xampp

langkah-langkah untuk menginstal Laravel di localhost menggunakan Xampp.

1. Download Xampp

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal Xampp di komputer Anda. Xampp adalah paket pengembangan web yang mencakup Apache, MySQL, dan PHP.

Anda dapat mengunduh Xampp dari situs web resmi mereka dan mengikuti petunjuk instalasi yang disediakan.

2. Mengaktifkan Apache dan MySQL

Setelah Anda menginstal Xampp, buka program dan aktifkan Apache dan MySQL dari panel kontrol Xampp.

Apache digunakan untuk menjalankan server web lokal, sedangkan MySQL digunakan untuk mengelola database.

3. Menginstal Composer

Composer adalah manajer paket PHP yang digunakan untuk menginstal Laravel. Anda dapat mengunduh Composer dari situs web resmi mereka dan mengikuti petunjuk instalasi.

Pastikan menambahkan direktori instalasi Composer ke variabel lingkungan PATH agar dapat diakses dari mana saja di komputer.

4. Membuat Proyek Laravel

Setelah menginstal Composer, buka terminal atau command prompt dan arahkan ke direktori htdocs di folder instalasi Xampp. Kemudian jalankan perintah berikut untuk membuat proyek Laravel baru:

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama-proyek

Gantilah “nama-proyek” dengan nama yang inginkan untuk proyek Laravel. Composer akan mengunduh dan menginstal semua dependensi yang diperlukan untuk proyek Laravel.

Baca Juga :   15+ Text Editor Bahasa Pemrograman (IDE Programming)

5. Konfigurasi Database

Setelah proyek Laravel berhasil dibuat, buka file .env di direktori proyek Anda menggunakan editor teks.

Temukan bagian yang berisi pengaturan database dan ubah nilainya sesuai dengan pengaturan database lokal Anda di Xampp.

Biasanya, Anda perlu mengubah nilai DB_DATABASE, DB_USERNAME, dan DB_PASSWORD.

6. Menjalankan Proyek Laravel

Setelah mengkonfigurasi database, Anda dapat menjalankan proyek Laravel. Buka terminal atau command prompt, arahkan ke direktori proyek Laravel, dan jalankan perintah berikut:

php artisan serve

Perintah ini akan menjalankan server pengembangan Laravel dan memberikan URL lokal yang dapat dibuka di browser untuk melihat proyek.

Demikianlah cara menginstal Framework Laravel di localhost xampp pada windows. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *