Cara Backup Foto di HP Android Secara Otomatis Cara Backup Foto di HP Android Secara Otomatis

Cara Backup Foto di HP Android Secara Otomatis

Halo sahabat semua, selamat datang dan selamat membaca di situs sederhana ini. Pada tutorial kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara backup Foto secara otomatis di HP Android.

Ceritanya begini, anda lagi foto selfie, dan foto selfie kamu akan otomatis tersimpan secara online, dan walaupun anda hapus dari ponsel kamu, maka tetap ada backupnya.

Keuntungannya adalah, ketika hp kita hilang, Rusak, atau terformat atau ganti HP, maka foto foto kesayangan kamu bisa dikembalikan lagi dan tidak akan hilang.

Bahkan kita bisa membukanya dimana saja juga bisa lewat PC atau komputer, sangat menarik bukan apalgi ini menggunakan HP android, dimana rata rata kita sudah menggunakannya.

Cara Backup Foto secara Otomatis

Baiklah, berikut ini cara membuat Backup foto secara otomatis.

1. Anda harus punya HP android, ya ini memang wajib, kalau enggak ya gak sesuai tema kita.

2. Instal aplikasi Google Foto di Play Store jika belum ada, sebagian HP android sudah ada bawaannya dan rata rata android keluaran terbaru sudah dipasang dari sananya.


3. Buka aplikasi Google Foto, pilih akun gmail yang akan anda gunakan sebagai email backup, dan anda harus memastikan bahwa akun gmail ini, anda harus ingat emailnya selamanya.

Untuk versi terbaru, ketika membuka aplikasi Foto, maka akan secara otomatis diminta untuk mengaktifkan backup secara otomatis.


4. Buka ikon menu yang berbentuk garis garis dipojok atas kiri pada aplikasi Google Foto


5. Klik menu Setelan atau Setting untuk masuk ke halaman pengaturan

Baca Juga :   Cara Memblokir Akun Facebook Teman atau Orang Lain


6. Pilih “Backup & Sinkronisasi


7. Aktifkan Backup & Sinkronisasi, tanda bahwa sudah aktif adalah, warna akan berubah jadi biru. Disini kita bisa mengatus akun mana yang kita gunakan


8. Anda juga bisa mengatur dan membackup foto dalam folder, caranya klik “Backup folder perangkat”, lalu klik on pada folder yang ingin di backup


9. Selanjutnya adalah salah satu bagian penting, apakah anda ingin membackup foto foto anda hanya menggunakan Wifi saja atau menggunakan wifi dan Paket data anda. Jika hanya menggunakan wifi saja, cukup tidak usah ubah apa apa.

Jika ingin membackup engan menggunakan data anda klik on pada foto, lihat gambar dibawah biar lebih jelas. Anda juga bisa membackup video sekaligus, tapi untuk video tidak disarankan membackup menggunakan data, karena akan menguras banyak paket internet anda.


10. Sampai disini sudah selesai. Tapi kita juga bisa merubah pengaturan sesuai kebutuhan. Caranya kembali ke Setelan pada Google Foto, lalu inggal sesuaikan sesuai keinginan anda, jika tidak ada, tidak perlu melakukan apa apa.

Setelah anda melakukan semua langkah langkah diatas, maka semua foto dan video anda otomatis terbackup secara otomatis ketika terhubung Internet, baik itu Wifi maupun data seluler. Jadi anda tidak perlu ragu akan kehilangan foto.

Jika misalnya anda ganti HP baru, atau HP kena reset ulang, maka cukup kembalikan foto anda dengan Google Foto, caranya install Google Foto kalau belum ada, Buka aplikasi Google fotonya lalu masukkan akun Gmail yang anda gunakan dulu ketika membackup foto.

Cara Backup Foto di HP Android ke Komputer

Jika lebih suka menyimpan foto-foto di komputer, dapat melakukan backup foto di HP Android ke komputer.

Baca Juga :   Cara Membuat Animasi Dari Photoshop

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan ponsel Android ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Pada ponsel Android, pilih “Transfer file” atau “Transfer foto” saat muncul pilihan untuk menghubungkan perangkat.
  3. Pada komputer, buka File Explorer atau Finder (untuk pengguna Mac).
  4. Pilih ponsel Android di daftar perangkat yang terhubung.
  5. Buka folder “DCIM” atau “Pictures” di ponsel Android.
  6. Pilih foto-foto yang ingin backup dan salin ke folder di komputer.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memindahkan foto-foto dari ponsel Android ke komputer untuk membuat salinan cadangan.

Pastikan secara teratur melakukan backup foto-foto agar tidak kehilangan mereka jika terjadi kerusakan atau kehilangan ponsel.

Cara Backup Foto di HP Android ke Penyimpanan Eksternal

Jika ingin memiliki salinan cadangan foto-foto di luar ponsel Android dan komputer, dapat melakukan backup foto di HP Android ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD atau hard drive eksternal.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan ponsel Android mendukung penyimpanan eksternal, seperti kartu SD.
  2. Sambungkan kartu SD atau hard drive eksternal ke ponsel Android menggunakan kabel atau adaptor yang sesuai.
  3. Pada ponsel Android, pilih “Transfer file” atau “Transfer foto” saat muncul pilihan untuk menghubungkan perangkat.
  4. Buka File Explorer atau Finder di komputer.
  5. Pilih ponsel Android di daftar perangkat yang terhubung.
  6. Buka folder “DCIM” atau “Pictures” di ponsel Android.
  7. Pilih foto-foto yang ingin backup dan salin ke penyimpanan eksternal.

Pastikan menyimpan penyimpanan eksternal tersebut di tempat yang aman dan terlindung agar foto-foto tetap aman.

Kesimpulan

Backup foto di HP Android secara otomatis sangat penting untuk melindungi foto-foto berharga dari kerusakan atau kehilangan. Dengan menggunakan layanan seperti Google Photos, dapat dengan mudah melakukan backup otomatis foto-foto ke cloud.

Baca Juga :   7+ Cara Mendapatkan Microsoft Office Gratis dan Legal

Anda juga dapat melakukan backup foto di HP Android ke komputer atau penyimpanan eksternal untuk salinan cadangan tambahan. Pastikan Anda secara teratur melakukan backup foto-foto agar tidak kehilangan mereka.

Demikianlah artikel kita kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa Sunscribe website ini ya, caranya masukkan email kamu melalui menu navigasi disamping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *